Pengukuhan Pengurus BKM Kab. Karanganyar Periode 2023–2027

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar — Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Karanganyar, Hanif Hanani mengukuhkan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) periode 2023–2027 di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Karanganyar, Selasa, 29/8/2023.

Hanif menyampaikan dengan dikukuhkan pengurus baru ini diharapkan bisa menjadi revitalisasi dalam arti mendorong kerja-kerja terstruktur, sistematis dan masif.

“BKM diharapkan semakin berdaya dan masjid-masjid semakin terberdayakan, masyarakat umat beragama dan bangsa semakin sejahtera,” tuturnya

“Jadikan masjid sebagai rumah bersama yang menjadi tempat bernaung banyak orang yang memiliki itikad dan komitmen untuk pemberdayaan dan pemajuan masjid. Ajak dan libatkan banyak orang, banyak anasir dalam lembaga ini. Semakin banyak potensi dijalin, semakin besar peluang pemberdayaan dapat dilakukan,” lanjutnya.

“Masjid memiliki posisi sentral dalam menguatkan literasi keagamaan dan menyatukan umat. Masjid juga memiliki fungsi sosial, edukasi, dan ekonomi, selain fungsi ibadah, namun Belakangan, kita mencermati fungsi-fungsi itu agak memudar atau bahkan bergeser ke arah tidak tepat. Masjid hanya dipandang tempat salat. Ada juga penggeseran multifungsinya, lalu masjid menjadi ruang politisasi dan arena perkecambahan paham intoleran dan ekstrim,” katanya.

“Untuk fenomena-fenomena aktual inilah kita terdorong untuk kembali merajut semua potensi untuk memperkuat dan memberdayakan masjid-masjid kita. Masjid harus lebih profesional dikelola, cara pandang seluruh ekosistemnya moderat dan harus berdaya. Untuk itu kita perlu merevitalisasi BKM dan peran-peran strategisnya,” tambahnya.

Hanif berharap, revitalisasi BKM dapat meningkatkan profesionalitas tata kelola masjid. Dia juga berharap pengurus BKM nantinya dapat ikut meluruskan cara pandang ekosistem masjid dan memberdayakan para pengurusnya.(Ida/Sua)