Penyuluh Agama Islam Award 2023 Kemenag Karanganyar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Kepala Kantor Kementerian Agama yang diwakili Kasubbag TU Kankemenag Kab. Karanganyar membuka Acara Penyuluh Agama Award Tahun 2023. Selasa, 13/6/2023. Acara ini digelar Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 198 Tahun 2023.

Rusdiyanto mengatakan Menguji kompetensi Penyuluh Agama Islam dalam konsep dan pikiran. Kini lebih terfasilitasi, pasalnya kegiatan tersebut diadakan hanya perwakilan dari setiap kabupaten.

“Kali ini, Kantor Kementerian Agama dalam hal ini DirJen Bimas Islam berinovasi dengan melombakan 7 kategori bidang penyuluhan untuk diuji dalam Acara Penyuluh Agama Islam Award Tahun 2023. Kategori tersebut adalah; 1) Peningkatan Literasi Al Qur’an, 2) Kesehatan masyarakat, 3) Metode Penyuluhan Baru, 4) Pelestarian Lingkungan, 5) Pendampingan Kelompok Rentan, 6) Pemberdayaan Ekonomi dan 7) Penegakan Hukum,” kata Rusdyanto.

“Para peserta yang mengikuti pemilihan Penyuluh Agama Islam Award harus memenuhi kriteria yang sebagai bahan penilaian yaitu administrasi, karya tulis ilmiah, presentasi, wawancara, dan video. Adapun yang menjadi kategori penghargaan adalah Peningkatan Literasi Al-Qur’an, Pendampingan Kelompok Rentan, Kesehatan Masyarakat, Pemberdayaan Ekonomi Umat, Penegakan Hukum, Pelestarian Lingkungan, dan Metode Penyuluhan Baru,“ paparnya.

Persiapan pun dilakukan, baik oleh panitia maupun dari peserta sendiri. PAI Award kali ini diikuti 45 peserta yang terdiri dari 11 PAIF dan 34 PAI Non PNS.

Dewan penilai dihadirkan dari Tokoh masyarakat, tokoh Agama dan juga Akademisi. Alhamdulillah tujuh kategori yang diajukan enam dapat terpenuhi. Panitia meminta para peserta untuk mengumpulkan makalah terlebih dahulu agar bisa dibaca dan dipelajari dewan penilai. Selanjutnya dewan penilai akan memanggil peserta untuk memaparkan makalah yang telah dibuatnya.

Pemenang tujuh kategori tersebut adalah : bidang Peningkatan Literasi Al Qur’an (Roh Kayati, S.Sy) , 2. Bidang Kesehatan masyarakat (Wiyati), bidang Metode Penyuluhan Baru (M. Ihsanuddin, S.Ag), bidang  Pelestarian Lingkungan (Atika Nur Lathifah, S.Sos), bidang Pendampingan Kelompok Rentan (Oktavia Istikomah, S.Pd.I, M.Pd) dan bidang Pemberdayaan Ekonomi (Sri Mulyono, S.Sy). kita harapkan pada tingkat berikutnya mereka bisa tampil maksimal dan tentunya kembali dengan hasil yang memabnggakan Kantor kementerian Agama Kabupaten Karanganyar.(ius/sua)