Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. di MIN 1 Kebumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Pagi yang teduh Jum’at, (10/2) bertepatan dengan 19 Rajab 1444 H di halaman depan MIN 1 Kebumen, berlangsung peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW. Kegiatan keagamaan ini diikuti oleh semua peserta didik dari kelas 1 sampai 6.

Tema yang diambil yakni Hayya ‘ala shalah, Hayya ‘alal falah, dengan harapan para peserta didik lebih bersemangat menjalankan shalat lima waktu dan meraih kesuksesan selepas mengikuti acara peringatan.

Imam Muzaki, M.Pd, mewakili kepala madrasah berkenan membuka acara. Ia menekankan pentingnya mengambil hikmah sejarah  perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. khususnya  berkaitan dengan perintah shalat.

Dalam acara ini tak kurang dari 600 siswa dan guru karyawan duduk berbaur di atas tikar mengikuti ceramah dari Kyai Fahrudin. Sehari-hari beliau bertugas sebagai penyuluh Agama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Kyai yang juga sarjana pendidikan ini berinteraksi dengan menempatkan diri di tengah anak-anak. Kepada mereka ia menceritakan sejarah ringkas Isra’ Mi’raj.

Selain itu Ia menyampaikan pentingnya menjalankan shalat dengan memahami syarat dan rukunnya. Ia pun menyebutkan satu per satu syarat dan rukun shalat seperti suci dari hadats, suci pakaian, suci tempat, menghadap kiblat, dan menutup aurat.

“Anak yang rajin shalat akan terlihat dari wajahnya yang cerah. Ia juga akan memiliki sikap disiplin” terangnya.

Akan tetapi ia menyampaikan shalat yang paling baik dilaksanakan dengan berjama’ah.

Sebelumnya, pada pra acara tampil memeriahkan suasana ananda Liliana Putri AR. yang membawakan lagu Rukun Islam karya Darobi salah satu guru MIN 1 Kebumen. Penampilan kedua dari Nimal Fatah Al Mughni membawakan lagu Ilahana yang kemudian disusul penampilan spesial dari Muhammad Maher Almas melantunkan hafalan Al Qur’an juz 6.

Selepas acara, siswa kembali ke kelas masing-masing untuk menikmati bekal makanan sehat yang dibawa masing-masing. (Dwi/fz/bd).