Perkuat Pengembangan Keagamaan Kakankemenag Hadiri Haul Akbar Syaikh Maulana Maghribi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

Batang – Salah satu fungsi Kementerian Agama adalah melakukan pengembangan di bidang agama dan keagamaan yang ada di masyarakat secara luas, ini menyangkut Ibadah dan muamalah masyarakat pada keyakinan agamanya termasuk kebiasaan yang telah dilakukan. Kakankemenag Kabupaten Batang H. Akhmad Farkhan didampingi Kasi Bimas Islam H. Sodikin dan Kepala KUA Kecamatan Blado H. Filusufi kemaren Senin (31/07) melaksanakan fungsi itu dengan menghadiri haul akbar Syaikh Maulana Maghribi di Makam Desa Wonobodro Kecamatan Blado Kabupaten Batang.

Kakankemenag bersama para pejabat duduk bersama para ulama, kyai dan habaib yang memimpin acara itu. Mereka dengan penuh tawadhu mengikuti rangkaian acara yang dimulai sejak pagi jam 08.00 WIB sampai menjelang dzuhur. Kakankemenag mengungkapkan baru kali ini dirinya menghadiri acara yang begitu besar ini disini karena baru di jajaran Kemenag Kabupaten Batang.

“ Saya baru menjabat di Kemenag Kabupaten Batang, maka acara haul yang begitu besar di Makam Wonobodro baru pertama saya ikuti,” kata H.Akhmad Farkhan.

Dia memberikan apresiasi yang sangat tinggi pada para panitia yang sigap dan bahu membahu untuk menyukseskan kegiatan besar ini. Menurutnya momen ini sangat penting untuk memberikan siraman yang menyejukkan bagi ummat kususnya pada ribuat pelayat yang memadati area makam Wonobodro ini.

“ Saya sudah mendengar bahwa di daerah Blado ada makam Syaikh Maulana Maghribi yang setiap tahun digelar haulnya, begitu banyak peziarah yang menghadiri acara ini, dan kabarnya seminggu sebelum dan sesudah puncak acara ini sudah banyak berduyun-duyun para peziarah berdatangan di makam ini,” tuturnya.

Sementara itu H. Sodikin Kasi Bimas Islam yang mendampingi Kakankemenag dalam acara itu menceritakan bahwa dirinya selaku masyarakat yang sangat dekat dengan makam itu melihat bahwa dari tahun ke tahun penyelenggaraan haul akbar di makam Wonobodro ini semakin ramai, apalagi Pemerintah Daerah Kabupaten Batang juga hadir dan andil dalam acara itu.

“ Sejak kecil saya berada dilingkungan ini jadi sangat paham perkembangan acara haul di makam Wonobodro ini dari tahun ketahun semakin ramai. Apalagi Pemda Batang andil nyengkuyung acara ini, ini merupakan salah satu destinasi wisata religi bagi Kabupaten Batang yang cukup Besar,” terangnya.

Dia juga menegaskan Seksi Bimas Islam juga berkepentingan untuk selalu memantau, melihat dan mendampingi pada masyarakat di Wonobodro agar tempat wisata religi itu semakin tertata dengan baik serta eksistensinya menjadi lebih kuat.

“ Melalui KUA Kecamatan Blado dan para Penyuluh Agama Islam, Seksi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Batang selalu melakukan pendekatan dan pendampingan terhadap keberlangsungan acara haul akbar di desa Wonobodro ini, semua itu kita lakukan sebagai bentuk pembinaan terhadap Agama dan Keagamaan di Masyarakat.

Dari Jam 08.00 WIB puncak acara haul akbar Syaikh Maulana Maghribi diwarnai dengan pembacaan Rotibul Hadat yang dipimpin oleh Habib Abdullah Baqir Al Athos, dilanjutkan pembacaan Dalailul Khoirot yang dipimpin oleh Habib Zaenal Abidin dan Mauidhoh Hasanah oleh KH.Zuhrul Anam dari Banyumas.(tim multimedia/Zy_humas/rf)