Petakan Guru PAI, Kemenag Rembang Bakal Gelar PK Online PPKB

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang menggelar rapat koordinasi Pemetaan Kompetensi (PK) Online Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB GPAI). Giat ini diadakan pada Kamis (27/4/2023) di aula Kemenag Rembang.

PK online PPKB adalah program dari Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam untuk memetakan kompetensi pedagodik dan profesionalitas guru PAI untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada tahun berjalan.

Kasi PAI Kemenag Rembang, Sarip mengatakan, PK online ini akan dilaksanakan pada 3-11 Mei berdasarkan zona yang telah ditetapkan. “Untuk zona Jawa Tengah akan diadakan pada 8 Mei 2023,” kata Sarip.

Rapat yang dihadiri oleh Kasi PAI, Pengawas PAI, Ketua KKG PAI Kabupaten dan KKG PAI Kecamatan se-Kabupaten  Rembang, dan ketua MGMP masing-masing jenjang ini ini membahas tentang teknis pelaksanaan PK online PPKB. “Kita bahas apakah akan dilakukan secara terpusat atau mandiri,“ kata Sarip.

Sarip menjelaskan, PK Online terdiri dari 100 soal dengan durasi waktu 180 menit. Guru PAI secara langsung mengakses akun SIAGA masing-masing dan dapat mengerjakan soal secara online sesuai dengan jadwal. “Hasilnya akan langsung terlihat pada akun siaga masing-masing,” kata Sarip.

Pengawas PAI Kemenag Rembang, Sunhadi mengatakan, bagi peserta yang mendapatkan nilai 80-90, kemungkinan bisa mengikuti seleksi pelatih PKB tingkat Provinsi. Sementara untuk yang mendapat nilai 71-80, bisa mengikuti seleksi pelatih PKB tingkat daerah. “Dan bagi yang mendapatkan nilai di bawah itu, adalah sebagar target peserta PKB,” jelas Sunhadi. — iq/rf