Pondok Ramadhan Semarakkan Kegiatan Bulan Puasa MTsN 2 Magelang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid (Humas) – Pondok Ramadan, salah satu kegiatan siswa MTsN 2 Magelang dalam bulan Ramadan 1445 H. Kegiatan ini diselenggarakan setiap hari Sabtu, serta diisi dengan Kajian Keislaman, Lomba Tilawah, Lomba Adzan dan pemutaran Film Religi.

Pada kegiatan Pondok Ramadhan yang pertama, Sabtu, 16/03/2024, seusai Salat Dhuha dan Tadarus Al-Quran, para siswa mengikuti kegiatan Kajian Keislaman dengan nara sumber Dra. Hj. Solihah, M.S.I. dalam penyampaian materinya Ia mengawali dengan mengajukan pertanyaan kepada peserta. 

“Siapa yang bahagia dengan datangnya bulan Ramadhan? Coba tunjuk jari,” kata Solihah kepada peserta yang disambut dengan acungan jari tangan dari para siswa.

“Saya mau tanya lagi. Tolong dijawab dengan jujur. Siapa yang pernah tidak berpuasa? Bukan karena udzur atau berhalangan. Ayo, tunjuk jari?” lanjut Solihah.

Lalu beberapa siswa pun mengacungkan jari tanganya. Ketika mereka ditanya alasan kenapa tidak menjalankan puasa, mereka mengaku tidak puasa karena kesiangan dan ada pula yang karena sakit.

Masih dalam kegiatan yang sama, seluruh siswa juga diberikan materi praktik ibadah tentang bab Toharoh. Ada yang menarik dimana ketika salah seorang siswa Galang Farhan Ramadhan siswa kelas 7 Sains diminta maju untuk menyampaikan tata cara dan urutan berwudlu. Ia sempat kebingungan dan lupa urutan membasuh anggota badan dalam wudlu. Suasana pun mendadak bergemuruh oleh gelak tawa peserta lain yang menyaksikan peristiwa tersebut.

Setelah itu Galang Farhan Ramadan diberikan penjelasan tata cara dan urutan membasuh anggota badan dalam berwudlu yang benar. Rangkaian acara seusai kajian keislaman, para siswa mengikuti kegiatan perlombaan meliputi lomba Tilawah dan lomba Adzan. Sementara itu kegiatan Salat Dhuhur berjamaah menjadi penutup kegiatan Pondok Ramadan.

Plt. Kepala Madrasah, Nurrochim, S. Pd. mengatakan, kegiatan Pondok Ramadan diselenggarakan hanya pada hari Sabtu dan dibagi menjadi tiga bagian. “Kegiatan Pondok Ramadan ini diselenggarakan khusus pada hari Sabtu saja. Kita agendakan berjalan tiga kali. Sabtu pertama untuk kelas 7 dan berikutnya untuk kelas 8 dan 9. Jadi tidak bersamaan pelaksanaanya,” kata Nurrochim.

Melalui kegiatan Pondok Ramadan tersebut diharapakan selain mengisi bulan Ramadhan juga dapat meningkatkan ibadah dan keimanan kepada Allah SWT.(KF/Sua)