Program Bersih Desa Tanjungsari, Mahasiswa KKN STAI Al Kamal Adakan Penyediaan Tempat Sampah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Penyediaan tempat sampah di desa Tanjungsari Kecamatan Kragan menjadi salah satu langkah penting dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu juga dapat membantu menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dan memberikan pengajaran tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Di Desa Tanjungsari sendiri masih jarang ditemukan tempat pembuangan sampah. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi kebersihan lingkungan dan Kesehatan masyarakat sekitar. Karena itu, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Kamal Sarang yang bernaung di bawah Kementerian Agama mengadakan program penyediaan tempat sampah pada kegiatan KKN di Desa Tanjungsari, Kecamatan Kragan. Penyediaan tempat sampah yang memadai diadakan di setiap RT dan beberapa titik lokasi yang strategis.

Salah satu penggagas program KKN, Wahyudi menjelaskan, kegiatan penyediaan tempat pembuangan sampah ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan bersih, meningkatnya kualitas kesehatan bagi masyarakat, menambah pengetahuan serta wawasan masyarakat mengenai sampah serta bagaimana hidup bersih dan sehat bebas sampah; serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat

“Mengenai kebersihan lingkungan dan pembiasan diri membuang sampah pada tempatnya sejak dini. Penyediaan tempat pembuangan sampah ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga tidak membuang sampah sembarangan yang membuat lingkungan menjadi kotor. Hasil yang ingin dicapai yaitu lingkungan semakin bersih dan akan menyelematkan lingkungan dalam jangka waktu panjang,” jelasnya ketika diwawancara, Kamis (24/8/2023).

Kepala Desa Tanjungsari, Rohman mengungkapkan, di Desa Tanjungsari sendiri belum terdapat tempat sampah untuk umum. Dengan adanya program penyediaan tempat sampah ini diharapkan masyarakat lebih dapat meningkatkan kesadaran untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekitar dari sampah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan ataupun di sungai yang membuat lingkungan menjadi tercemar.

“Penyediaan tempat pembuangan sampah yang diberikan oleh Mahasiswa KKN STAI Al Kamal Sarang semoga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membuang sampah pada tempatnya, dan terima kasih atas pemberian ini sebagai bentuk kenang-kenangan untuk desa,” ungkapnya.(iq/rf)