Rakor Kondisifitas Wilayah Dengan Muncul KM di Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes mendukung Kesbangpol Kabupaten Brebes dalam menjaga stabilitas dan kondusifitas wilayah Brebes, Humas mewakili Kepala Kantor  Kemenag Kabupaten Brebes yang berhalangan,  hadir  pada acara Rapat Koordinasi Kondisifitas Wilayah dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Brebes, Jumat, (10/06/2022) di Aula Kantor Kesbangpol Kabupten Brebes. 

Rapat yang di pimpin oleh M. Sodik Kepala Badan Kesbangpol Brebes memimpin rapat jajaran Forkompinda diantaranya Kasat Intelkam Kodim Bebes, Kasat Intel Polres Brebes, Perwakilan dari Kejaksaan Brebes, Camat Brebes, Camat Wanasari dan berapa Kepala desa dan lurah Brebes dan Pasarbatang.

M. Sodik menjelaskan, “Kondisi Brebes secara umum alhamdulilah baik, aman terkendali walaupun muncul peristiwa  pawai Khilafatul Muslimin (KM) yang berada di beberapa wilayah, yang salah satunya muncul di Kabupaten Brebes, tetapi kondisi masih terkandali dimana pihak yang berwajib gerak cepat untuk menangani hal tersebut agar tidak terjadi benturan dan gesekan di antara anggota masyarakat,” jelasnya.

Dalam rakor tersebut setiap kepala desa yang di sinyalir ada warganya yang ikut serta menjadi anggota KM di mintai penjelasan kondisi dan situasi di desa masing-masing  dan lngkah-langlah seperti apa yang akan diambil supaya tidak terjadi kekisruhan mengingat telah terjadinya penolakan dari anggota ormas dan ormas kepemudaan.

Dari laporan Kasat Intel Polres Brebes digambarkan bahwa annggota KM tersebar lebih di 10 desa kabupaten  Brebes yanga beranggotakan lebih dari 80-an orang, khusus di wilayah Pantura Brebes penanganan sudah dilaksanakan dan sekarang sudah memasuki tahapan penyidikan oleh kejaksaan setelah penyelidikan oleh Pihak Polres Brebes selesai  guna dilimpahkan ke Pengadilan untuk mendapatkan ketetapan dan kepastian hukum terhadap Ormas KM tersebut.          

Rapat diakhiri dengan kesimpulkan,  bahwa  adanya plakat di wilayah Brebes  1 buah, yang terletak di Desa Tengki  dan untuk menurunkan plakat tersebut menunggu keputusan dari pihak berwajib guna mengurangi gesekan dan benturan antar anggota masyarakat dan Khilafatul Muslimin. Pembinaan dan penggalangan oleh Pemerintah Desa  terhadap Khilaful Muslim yang dibantu oleh seluruh unsur yang hadir , menjaga Kondisifitas agar tidak terjadi benturan antara Khilafatul Muslim dan Ormas/masyarakat dan Pembinaan  oleh Kesbangpol, FKUB dan H. Akrom, Kemenag,  Forkompinda direncanakan pekan depan.(Hid/Sua).