Salat Dhuha Berjamaah Ajarkan Kedisiplinan pada Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Jumat, (3 Febuari 2023)  suasana di halaman SD IT Bina Amal 02 tampak ramai. Cuaca yang mendung tak menyurutkan semangat siswa dan guru mempersiapkan acara Jumat Hari Raya kali ini. “Ya, pekan ini giliran Jumat Solih,” tutur Kepala Sekolah.

Ia menerangkan, di Jumat pertama setiap bulan, sekolah yang dipimpinnya mengadakan kegiatan salat dhuha berjamaah. “Setiap bulan, di Jumat pertama, sekolah kami mengadakan kegiatan yang kami beri nama Jumat Hari Raya SD IT Bina Amal 02. Dan pada Jumat Hari Raya tersebut, kami mengadakan salat dhuha berjamaah yang dilaksanakan di halaman sekolah,” terangnya.

Kegiatan salat dhuha berjamaah tersebut diikuti oleh 330 siswa dan 30 guru di lingkungan SD IT Bina Amal 02. Semua terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. Meskipun dengan ruang yang sedikit terbatas, tetapi semua mengikuti salat dhuha berjamaah dengan tertib dan khusyuk.

Arifa, salah satu siswa kelas 2A mengatakan senang mengikuti kegiatan salat dhuha berjamaah. “Saya senang dengan kegiatan ini, karena kalau salat berjamaah lebih bersemangat dan seru. Selain itu bisa bertemu dan berkumpul dengan kakak dan adik kelas, sehingga lebih ramai,” ujarnya.

Salat dhuha berjamaah kali ini dipimpin oleh Pak Huda, GPAI. Dalam tausiyah singkatnya, ia menyampaikan harapan, melalui kegiatan salat dhuha berjamaah bisa meningkatkan kedisiplinan siswa dalam beribadah, dan juga sebagai salah satu upaya pembentukan karakter peserta didik. “Dengan diadakan kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan dan menanamkan karakter rajin beribadah dan disiplin di kalangan siswa,” tuturnya.

Ia berharap, kegiatan salat dhuha berjamaah konsisten dilakukan sebulan sekali oleh seluruh siswa dan guru di lingkungan SD IT Bina Amal 02.(Faojin/NBA/Bd)