Sambut Ramadhan, Karanganyar Gelar Pawai Taaruf

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Menjelang Bulan Suci Ramadhan Tahun 1438H/2017M, 6000 orang mengikuti Pawai Taaruf di Kabupaten Karanganyar. Pawai Taaruf ini dimeriahkan oleh anak-anak PAUD hingga SMA/SMK, Perguruan Tinggi, Ormas, BUMN, BUMD serta OPD di Kabupaten Karanganyar. Berbagai macam poster, maupun tulisan yang mengajak umat Islam menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk menghiasi sepanjang jalan lawu tempat dilaksanakannya pawai, Rabu (24/05).

Pawai taaruf terbagi menjadi dua titik pemberangkatan. Untuk kelompok Taman Kanak-kanak (TK),  Raudatul Athfal (RA), Bustanul Athfal (BA) Negeri maupun Swasta, dilepas oleh Kasubbag TU pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Wiharso, di halaman Gedung Wanita.

Tepat pukul 07.00 WIB, 31 kelompok peserta berjalan menyusuri jalan Wahid Hasyim kemudian sesampai di perempatan Pegadaian, berbelok ke kanan, berjalan di Jalan Lawu hingga finish di depan Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Kemeriahan pawai taaruf itu sangat terasa, selain membawa poster dan tulisan bertema ramadhan, sejumlah kelompok menampilkan kreativitas dengan membuat kostum menyerupai kostum batik carnival. Ada juga terlihat kelompok drum band didampingi guru pembimbing.

Pada titik pemberangkatan lain, di Alun-alun, Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi, memberangkatkan peserta dari kelompok SD/ sederajat, SMP/ sederajat, SMA/ sederajat negeri dan swasta, Ormas, Perguruan Tinggi, dan Kantor. Mereka berjalan kaki melewati Jalan Lawu menuju ke timur, melewati tenda kehormatan, hingga finis.

Walaupun berjalan kaki, namun semangat dan kemeriahan sangat terasa hingga kelompok peserta paling akhir. Bahkan tampak, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengayuh becak diantara peserta.

Dalam sambutannya, Bupati Karanganyar, mengatakan bahwa pawai taaruf ini merupakan syiar Islam, dengan mengajak umat Islam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan 1438 Hijriah ini.

“Pawai taaruf ini mengajak kita umat muslim untuk menjalankan ibadah dengan khusyuk, dan tetap menjaga tolerasi,” kata Bupati.

Sebelumnya, Kasubbag TU yang memberikan pengarahan kepada jajarannya di Kementerian Agama mengatakan agar baik itu pegawai Kementerian Agama, KUA maupun Madrasah untuk memberikan yang terbaik dan mengerahkan semua sumber dayanya untuk memeriahkan pawai taaruf tersebut.

“Ramadhan adalah kegiatan keagamaan yang menjadi leading sector kita sebagai pegawai di Kementerian Agama. Oleh karenanya kami berharap semua pihak di lingkungan Kemenag agar memberikan yang terbaik guna mensukseskan pawai taaruf ini”, ucap Wiharso.

Pemkab Karanganyar bersama Forkompinda, Instansi Pusat, BUMN/BUMD, selama bulan Ramadhan akan mengadakan tarawih keliling dan buka bersama di 18 lokasi di 17 Kecamatan. Kementerian Agama sebagai leading sektor kegiatan keagamaan ditugasi oleh Bupati Karanganyar untuk mempersiapkan imam tarawih dan khotib saat pelaksanaan tarling tersebut. Tidak hanya itu, pegawai kemenag beserta penyuluh agama Islam juga ditugasi untuk memimpin pengajian bersama di kecamatannya masing-masing sebelum pekerjaan dimulai. (ida-hd/wul)