Semarakkan HSN, Penyuluh Agama KUA Ambal Adakan Khataman Al Qur’an  Dan Pawai

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Menyemarakkan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022, Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ambal bersama berbagai elemen masyarakat mengadakan Khataman al Qur’an dan pawai keliling, Minggu (23/10/2022). Acara yang  merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HSN ini diikuti ratusan santriwan/santriwati dari berbagai lembaga pendidikan keagamaan  se- wilayah kec Ambal. Turut serta menghadiri, Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H Hamid, Kepala KUA Ambal Akhmad Kheroni, dan Forkopimcam

Kepala KUA Ambal, menjelaskan bahwa, peringatan HSN merupakan tindak lanjut dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015. Menurutnya, adanya  Keppres tersebut mengindikasikan pengakuan pemerintah akan eksistensi santri dan ulama dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Adanya Keppres ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah akan peran santri dan Ky dalam mempertahankan negara serta kontribusinya dalam pembangunan nasional.” ujar Kheroni.

Penyuluh Agama Islam Fungsional, Ky Fahrudin, sekaligus koordinator kegiatan menjelaskan tema peringatan hari santri tahun ini yaitu “Menjaga Martabat Kemanusiaan”.Tema ini menurut Ky Fahrudin mengandung pesan, bahwa santri adalah pribadi yang selalu siap untuk mendarmabaktikan hidupnya untuk masyarakat. “Ketika masyarakat memanggil, santri tidak boleh mengatakan tidak” ujarnya.

Lebih lanjut Ky Fahrudin menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan Khataman Al Quran dalam rangka peringatan hari santri kali ini dan dilanjutkan dengan pawai  keliling tidak lain bertujuan  sebagai syiar sekaligus juga menyenangkan  para santri. Harapannnya santri akan semakin bersemangat untuk mengaji.

Pada bagiannya Camat Ambal, Bambang Budi Sanyoto, S.H menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada semua yang terlibat dalam kegiatan. Dalam sambutannya di depan para santri, camat Ambal menyampaikan selamat Hari Santri Nasional Th 2022 sekaligus memberikan semangat dan motivasi dengan meneriakkan yel yel, Siapa kita, “Santri Ambal”, Santri Ambal, “Kudu Spesial”. Tiadak lupa kepada para santri Camat  Ambal berpesan untuk senantiasa menanamkan jiwa Pancasila dalam dirinya.

Untuk diketahui dalam rangka kegiatan hari santri ini, dilangsungkan berbagai macam kegiatan diantaranya Khataman Al Qu’ran yang dipusatkan di Masjid Al Mustofa, Desa Ambalresmi kemudian dilanjutkan pawai keliling diikuti kurang lebih 50 TPQ/ Madin dan 112 armada kendaraan dengan mengambil star KUA dan finish di Pantai Mliwis. Acara juga dimeriahkan dengan pentas seni serta pembagian hadiah, dengan 3 sepeda sebagai hadiah utama dan puluhan doorprize. (ar/fz/bd).