Silaturrahim Provinsi (Silatprov) Pengawas Madrasah se-Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Perhelatan besar pelaksanaan program  pengurus  Kelompok Kerja Pengawas Madrasah (Pokjawasmad) Prov. Jawa Tengah yang dikemas dalam Silaturrahim Provinsi (Silatprov) Pengawas Madrasah se-Jawa Tengah telah sukses digelar pada tanggal 19-20 Mei di Tawangmangu, Karanganyar.  Dalam kesempatan ini hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa tengah, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Ketua Tim Kelembagaan dan SIM, Analis Kebutuhan Pendidik Tenaga Kependidikan, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, yang disertai Kasubag TU dan Kasi Penmad Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan yang diikuti oleh 400 Pengawas Madrasah ini mengusung tema “Songsong Transformasi Digital dalam Layanan Pengawasan Madrasah”. Tema ini bukan sekedar meaningless, akan tetapi dimaksudkan menggerakkan Pengawas Madrasah untuk bertansformasi menuju peningkatan kompetensi, kapasitas, dan kapabelitas. Sebagaimana yang ditegaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Mustain Ahmad, SH., M.H.

“Seorang Pengawas Madrasah harus terus belajar meningkatkan kompetensi diri, berwawasan ke depan, dan jadilah pemenang. Pemenang adalah orang yang tidak pernah menyerah,” tuturnya.

Pada pembukaan acara, dimeriahkan penampilan seni tari dari siswi MI Muhammadiyah Karanganyar dan Paduan Suara yang juga dari guru MI Muhammadiyah Karanganyar di bawah binaan Kepala Madrasah, Hj. Marjiyanti, S.Ag., M.Pd.I.

Dilanjutkan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar sebagai tuan rumah, H. Hanif Hanani, S.H., M.H.

“Selamat datang dan terima kasih telah memilih Karanganyar sebagai tempat penyelenggaraan. Semoga kegiatan sukses, dan  kami harap bapak ibu pengawas  bisa berwisata di beberapa destinasi wisata yang ada di Karanganyar,” Kata Hanif yang disambut baik oleh Ketua Pokjawas Madrasah Jawa Tengah, H. Suyanto, S.Ag., M.Pd.I pada saat menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan.

Setelah pembukaan dilanjutkan seminar dengan narasumber Kabid Pendidikan Madrasah,H. Ahmad Faridi. Kabid Penma menyampaikan dukungan penuh atas diselenggarakannya Silatprov dan berjanji akan memfasilitasi Silatprov tahunan Pengawas Madrasah Jawa Tengah.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk membuka masukan-masukan bagi kepentingan pengawas. Mulai dari penyelenggaraan peningkatan kompetensi pengawas sampai harapan ada anggaran operasional bagi pengawas,” paparnya.

Pada sesi berikutnya diselenggarakan diskusi panel dengan panelis,H. Amhal,H. Suratmo, keduanya adalah Pengurus Pokjawasmad Jateng, dan diakhiri oleh H. Zurni, ketua Pokjawasmad Nasional.

“Beberapa upaya komunikasi dengan Direktur GTK dan Direktur KSKK telah dilakukan untuk lebih membuka ruang Pengawas Madrasah meningkatkan kompetensi sekaligus sosialisasi  Permenpan RB NO.1 tahun 2023 yang berisi berbagai ketentuan dan pengaturan terbaru terkait jabatan fungsional,” tutur Zurni.

Secara keseluruhan penyelenggaran Silatprov & Seminar dengan Panitia dari Pengawas Madrasah se-Solo-Raya yang diketuai oleh Arief Budi Santoso, M.Pd. Pengawas Madrasah Kankemenag Kab. Karanganyar ini sukses. Harapan ke depan, silatprov akan menjadi agenda rutin mengangkat isu strategis kepengawasan madrasah.(ida/sua)