Siswa Baru MTs Negeri 6 Kebumen Antusias Ikuti Matasama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Sebanyak dua ratus delapan puluh delapan (288) siswa siswi MTsN 6 Kebumen mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023. Matsama yang berlangsung selama tiga hari, yakni sejak Senin- Rabu, 18-20 Juli 2022 diawali dengan apel pembukaan yang di halaman Madrasah.

MATSAMA tahun ini digelar secara tatap muka langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan secara bervariasi yaitu bersifat klasikal, audiensi umum, dan observasi. Selain pengenalan berbagai hal di madrasah, peserta Matsama juga dilatih untuk berrsikap tertib dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan kegiatan ibadah, seperti jamaah dan tadarrus Al Qur’an serta pembiasaan asmaul husna.

Saat membuka kegiatan matsama ini, Kepala MTs.N 6 Kebumen Mohamad Makhi menjelaskan, matsama dilaksankan dengan maksud agar mereka peserta didik baru dapat mengenal lingkungan madrasah dan dapat membentuk karakter siswa. Selain itu juga diharapkan agar dapat menumbuhkan rasa cinta serta bangga mereka belajar di madrasah.

“Yang terpenting, ikuti matsama ini dengan gembira dan jadikan matsama ini sebagai ajang untuk mengembangkan kreativitas dan disiplin kalian,”tutur Kamad yang dikenal humoris ini kepada seluruh peserta upacara.

Usai sambutan Kepala Madrasah, rangkaian apel dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta oleh Kamad kepada perwakilan peserta MATSAMA. Setelah itu, seluruh peserta MATSAMA secara bersama-sama menyematkan tanda pesertanya masing-masing yang diikuti tepuk tangan riuh dari peserta apel.

Kegiatan MATSAMA dilanjutkan dengan penyampaian materi yang sudah dijadwalkan panitia. Adapun materi yang disampaikan pada hari pertama MATSAMA ini adalah Sejarah dan Kebijakan Madrasah yang disampaikan langsung oleh Drs. Mohammad Makhi., Pengembangan Literasi Madrasah dan Budaya Digital oleh Wahyu Widayati dan Program ekstrakurikuler oleh Dewi Utami.

Siswa terlihat sangat antusias mengikuti MATSAMA di hari pertama ini, terutama pada saat ice breaking yang diberikan oleh pengurus OSIS MTsN 6 Kebumen dan para guru pendamping. MATSAMA hari pertama berakhir pukul 13.00 dan ditutup dengan apel untuk evaluasi.

Salah satu peserta MATSAMA, Hakim mengungkapkan rasa bahagianya dapat mengikuti kegiatan MATSAMA.

“Kegiatan MATSAMA ini sangat menyenangkan. Kita bisa mengenal MTsN 6 Kebumen yang luar biasa. Kegiatan juga dikemas dengan game sehingga acara tidak membosankan. Saya tidak sabar mengikuti MATSAMA hari selanjutnya,” ungkapnya. (fj/fz/rf)