Kenalkan Perpustakaan, MTs Negeri 3 Kebumen Adakan Pendidikan Pemakai

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Perpustakaan merupakan salah satu bagian penting dalam suatu lingkungan pendidikan. Perpustakaan sekolah sangat membantu menunjang keberhasilan pelaksanaan kegiatan mengajar di sekolah/madrasah.  Begitu pentingnya perpustakaan bagi madrasah, Senin (18/07) MTs. N 3 Kebumen mengadakan pendidikan pemakai perpustakaan bagi peserta didik baru.

Untuk diketahui, MTs.N 3 Kebumen memiliki perpustakaan yang diberi nama Habibie Library dan pernah meraih juara 1 tingkat kabupaten pada tahun 2019. Habibie Library mempunyai beberapa program tahunan, salah satunya yaitu pendidikan pemakai perpustakaan yang dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran bagi peserta didik baru. Tujuannya untuk mengenalkan perpustakaan dan menjelaskan tata tertib cara penggunaan perpustakaan.

Kepala MTs Negeri 3 Kebumen, H.Jahroni, M.Pd.I. mendukung adanya pelaksanaan kegiatan ini dan berharap peserta didik baru bisa memaksimalkan fasilitas yang ada di madrasah. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, nantinya peserta didik baru bisa maksimal memanfaatkan perpustakaan karena sudah dijelaskan aturan dan tata caranya.” ungkapnya.

Pelaksanaan pendidikan pemakai perpustakaan berlangsung di ruang perpustakaan Habibie Library MTs Negeri 3 Kebumen diikuti seluruh peserta didik baru. Adapun proses pelaksanaannya dibagi menjadi lima sesi dan setiap sesi diikuti oleh dua kelas.

“Karena ruangan tidak memungkinkan untuk menampung peserta didik baru yaang lebih dari 300 anak, jadi kita buat sesi saja. Kita juga menyesuaikan waktu dengan kegiatan Matsama yang lainnya.” ujar Puji Astuti Kepala Perpustakaan MTs Negeri 3 Kebumen.

Pendidikan pemakai perpustakaan diisi langsung oleh Kepala Perpustakaan dan pustakawan Perpustakaan MTs Negeri 3 Kebumen. Peserta didik dijelaskan mengenai tata tertib, cara absensi, cara peminjaman dan pengembalian, jenis-jenis ruangan perpustakaan, serta tempat koleksi yang ada di perpustakaan. Peserta didik terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Adanya pendidikan pemakai perpustakaan diharapkan bisa memotivasi peserta didik baru untuk menggunakan fasilitas perpustakaan yang sudah disediakan. Selain itu, peserta didik baru juga diharapkan mematuhi tata tertib yang berlaku di perpustakaan MTs Negeri 3 Kebumen. (dw/fz/rf)