Siswa MAN 1 Brebes di Terima 13 Universitas Luar Negeri Kenamaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – M. Khaidar Khamzah siswa MAN 1 Brebes kelas XII IPA 4 belum lama ini dinyatakan lolos seleksi Beasiswa Indonesia Maju (BIM)  yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Khaidar diterima di 13 Universitas Luar Negeri yang ditawarkan oleh Kementerian berdasarkan top 100 Universitas terbaik dunia seperti di negara Amerika, Kanada, Inggris dan Australia.

BIM adalah Program beasiswa yang diberikan kepada peserta didik/lulusan yang berprestasi pada bidang akademik dan non akademik. BIM terdiri atas beasiswa bergelar (degree) dan beasiswa nongelar (nondegree). Program beasiswa bergelar jenjang S1 dan S2 dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan sedangkan program beasiswa nongelar yaitu Program Persiapan S1 Luar Negeri dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

Langkah awal yang dilakukan Khaidar selama mengikuti seleksi ini adalah mengumpulkan berkas, tes substansi hingga interview berbahasa Inggris. Usai dinyatakan lolos, Khaidar memulai mengikuti Program Persiapan yang dilaksanakan oleh Puspresnas seperti kursus bahasa Inggris (IELTS) dan Scholastic Aptitude Test (SAT).

“Selain itu, untuk menunjang portofolio agar lebih bagus saya mengikuti kegiatan proyek sosial dengan membuat kegiatan “Sharing of Campus Experience” bersama tiga rekan lain di MA Al Hikmah 2 Benda Brebes dan mengisi waktu dengan konselor yang disiapkan oleh peneliti melalui kegiatan College Counseling, untuk membantu saya dalam proses pendaftaran, konsultasi universitas, dll,” tutur Khaidar.

Untuk proses seleksi beasiswa Indonesia program persiapan S1 Luar Negeri ini sudah Khaidar siapkan sejak kelas XI dan mulai bimbingan di awal masuk kelas XII selama 6 bulan.

Keberhasilan Khaidar tak lepas dari peran kedua orang tua, dukungan seluruh Guru MAN 1 Brebes, serta kesungguhannya dalam mengikuti setiap tahap seleksi” ungkap Amaludin Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum.

Dari 13 Universitas Luar Negeri yang menerima Khaidar. Dirinya memantapkan diri untuk memilih Univercity of Toronto Mississauga Kanada Jurusan Studies in Social Sciences (Economics and Econometrics) usai dinyatakan lolos seleksi gelombang 1 tanggal 14 Maret 2023 beberapa waktu lalu. Selain diterima di 13 universitas kenamaan, Khaidar juga lolos masuk daftar tunggu di Columbia University, Cornell University dan Babson Collage, Amerika.

“Usaha tidak akan mengkhianati hasil, ternyata slogan ini benar-benar diterapkan Khaidar,” ungkap Nurhayati, Kkepala MAN 1 Brebes.

“Khaidar adalah anak dari Bapak Saepudin dan Ibu Khotimah, petani sederhana asal desa Jatimakmur Songgom Brebes, dan Khaidar adalah anak ke-6 dari 7 bersaudara,” tutur Kepala MAN 1 Brebes.

“Meski lahir dari keluarga sederhana, tidak ada halangan bagi Khaidar akan keinginannya untuk maju dan meraih cita-citanya meski harus menghadapi semua tantangan saat mengikuti  setiap proses seleksi  nasional yang cukup berat ini,” lanjutnya.

Kepala MAN 1 Brebes berharap keberhasilan Khaidar akan menjadi motivasi bagi adik-adik siswa-siswi MAN 1 Brebes untuk mengikuti jejaknya untuk tetap semangat meraih cita-cita. Sebagai bentuk apresiasi MAN 1 Brebes terhadap keberhasilan Khaidar, pihaknya kini sedang mengajukan bantuan beasiswa pendidikan ke Baznas serta melakukan penggalangan dana oleh bapak dan ibu guru serta karyawan T.U.  MAN 1 Brebes  untuk sekadar membantu meringankan biaya persiapan menuju keberangkatannya ke Kanada.(Aini Salsabila/Sua)