Songsong Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), MTsN 2 Kebumen Gelar Workshop

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Kurikulum merdeka adalah kurikulum baru yang segera diberlakukan tahun 2022 di seluruh Indonesia di tingkat sekolah. Tidak lama lagi juga akan diberlakukan di madarasah. Seluruh guru dan karyawan MTs.N 2 Kebumen menyiapkan diri untuk menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam rangka menyiapkan guru dan karyawan menyongsong IKM MTs.N 2 Kebumen menggelar Workshop selama 5 hari dimulai Senin –Jumat (11-15 Juli 2022) di aula MTsN 2 Kebumen.

“Kurikulum merdeka dibuat untuk pemulihan pembelajaran, guru harus menyesuaikan sesuai dengan tuntutan mutu saat ini. Kementerian Agama Kabupaten Kebumen hari-hari ini sedang membenahi aspek Citra di dunia maya, makanya hari ini di Kemenag perwakilan dari satuan kerja di lingkungan Kemenag Kebumen diundang untuk dilatih menguasai website Kemenag. Termasuk MTs.N 2 Kebumen ini harus mampu menyesuaikan sesuai dengan tuntutan mutu saat ini dan mencitrakan diri secara bagus di dunia maya atau internet,” tutur Khamid Kepala Kankemenag Kebumen saat sambutan membuka acara secara resmi.

Kepala Madrasah H. Sugeng Purwanto melalui Waka Humas Hj. Kun Farikhahmenyampaikan bahwa Review kurikulum MTsN 2 Kebumen adalah untuk mengukur ketercapaian program yang sudah kita laksanakan ditahun 2021-2023 dan kita susun untuk kurikulum MTsN 2 Kebumen untuk tahun 2022-2023 yang akan kita laksanakan sesuai dengan tuntutan mutu saat ini.

“Selain itu kita juga harus mempersiapkan dan memperkenalkan kurikulum merdeka yang sudah dicanangkan oleh pemerintah terutama kesiapan guru dan kompetensinya dalam pembelajaran di era sekarang,”ungkapnya.

Selanjutnya Kun Farikhah, menyampaikan materi evaluasi dan rekomendasi program MTsN 2 Kebumen. Ika Murni menyampaikan Pemaparan Draft KTSP dan KOM sosialisasi masuk platform Merdeka Belajar. Hari kedua H. Martiyono menyampaikan materi tentang Kurikulum Merdeka (Kerangka dasar, Prinsip, Struktur Kurikulum), Pembelajaran Paradigma Baru,  Platform Teknonologi Pembelajaran, Capaian Pembelajaran dan Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila, assesmen. di Hari ketiga Suyitman menyampaikan materi tentang Penyusunan Alur Tujuan pembelajaran (ATP), Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan PRA dan Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan PRA.

Target kegiatan ini adalah Pertama, Memahami Teknik penyusunan dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) maupun Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) MTs Negeri 2 Kebumen tahun Pelajaran 2022-2023. Kedua, Menghasilkan dokumen Review Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) maupun Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) MTs Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2022-2023 dan Ketiga, Memahami  Materi dan mampu melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). (Brs/Kun/fz/rf).