Tingkatkan Kapasitas Pendamping Proses Produk Halal, Kemenag Kebumen Adakan Pelatihan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Dalam rangka mensukseskan capaian target 10 juta sertifikasi halal Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen mengadakan kegiatan Pelatihan dan Peningkatan Pendamping Proses Produk Halal. Hadir sebagai narasumber H. Muh. Arifin selaku koordinator  bidang hukum dan Advokasi Walisongo Halal Center (WHC). Dihadirkan pula salah satu pakar pendamping yang sudah berhasil menerbitkan lebih dari 200 sertifikat halal Moh Irchammi.

Berlangsung di  Grand Kalapaking Hotel Kebumen pada Rabu (10/05/23), pelatihan diikuti 63 peserta dan dibuka oleh pelaksana harian Penyelenggara Zakat Wakaf H. Khamid. Turut hadir Kasubbag TU H. Makruf Widodo.

Khamid mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas para Pendamping Proses Produk Halal (P3H) dari unsur Penyuluh Agama Islam Kabupaten Kebumen. Selain itu, diharapkan pula mereka semakin termotivasi dan memaksimalkan peran mereka dalam pendampingan proses halal di wilayah kerjanya masing.

“Program 10 juta sertifikasi halal harus kita sukseskan bersama, semuanya harus bergerak dan lebih masif lagi sosialisasinya, jelaskan kepada para pelaku usaha akan banyaknya manfaat sertifikasi halal agar merekla sadar,” pesannya.

Untuk itu kata Khamid, dalam pelatihan ini nantinya para peserta akan dibekali dengan materi tata cara pendampingan dan pengetahuan praktis tentang daftar bahan, proses produk halal serta tata cara submit ke aplikasi Sihalal agar berhasil sampai tips dan trik mendapatkan Pelaku Usaha banyak. Disamping itu mereka juga akan dibekali bagaimana caranya membuat Nomor Induk Berusaha (NIB).(fz/bd).