Tingkatkan Pelayanan Haji, Seksi PHU Kemenag se-Kedu Gelar Rapat Koordinasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen (Humas) – Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan mengevaluasi berbagai hal terkait aspek teknis dan non teknis pada Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen mengadakan Rapat Koordinasi Seksi PHU se eks. Karesidenan Kedu, Rabu (20/09/2023).

Dilaksanakan di Rumah Makan H. Tino Ambal, rakor diikuti oleh para Kepala Seksi dan Pemangku Jabatan Pelaksana pada Seksi PHU se eks. Karesidenan Kedu. Berkenan hadir dan memberikan materi pembinaan Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Fitrianto dan Kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen Sukarno.

Mengawali sambutannya, Sukarno menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta di Kabupaten Kebumen. Disampaikan, Kabupaten Kebumen sendiri memiliki 26 Kecamatan dan jumlah penduduk lebih dari satu juta penduduk. Setiap tahun pemberangkatan haji, Jemaah hajinya selalu lebih dari seribu Jemaah.

“Meskipun penyelenggaran  ibadah haji tahun lalu sudah dinilai baik oleh masyarakat, tetapi peningkatan  pelayanan harus terus kita laksanakan, pelayanan kita harus terus kita evaluasi agar semakin baik kedepannya,” ujarnya.

Untuk itu, terkait pelaksanaan Rakor Seksi PHU se eks. Karesidenan Kedu ini, pihaknya mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung demi terciptanya pelayanan haji yang optimal.

“Silahkan bertukar informasi agar pelayanan haji semakin baik,” pesannya.

Sementara itu dalam materinya, Kabid PHU Kanwil Kemenag Jawa Tengah Fitrianto mengatakan, guna menyiapkan pelaksanaan ibadah haji 2024 pihaknya mengaku telah menyiapkan berbagai persiapan dan koordinasi dengan berbagai pihak lebih awal. Termasuk juga disampaikan pihaknya akan melaksanakan seleksi calon petugas haji dan menginformasikan data calon jemaah haji lebih awal.

Dijelaskan Fitri, dengan informasi data calon jemaah haji lebih awal, harapannya juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan haji lebih awal. Jadi nanti yang berhak lunas dan siap diberangkatkan adalah mereka para jemaah haji yang betul – betul dinyatakan istitoah atau sehat baik secara fisik dan mental oleh Dinas Kesehatan setempat.

“Insyaallah seleksi calon petugas haji tahun 2024 akan kami laksanakan di akhir tahun ini,” ungkapnya.(fz/Bel)