Ziarah Tokoh Agama Dan Mantan Kakankemenag Kebumen, Ini Makam Yang Dituju

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Melanjutkan rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 77 tingkat kabupaten Kebumen, Kamis (29/12) jajaran pimpinan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen kembali mengadakan ziarah kubur. Adapun makam yang dituju kali ini yaitu ke makam tokoh agama dan mantan Kepala Kankemenag Kab. Kebumen.

Kegiatan ziarah ini merupakan kelanjutan dari ziarah sebelumnya pada (27/12) ke makam salah satu pendiri Kementerian Agama RI K.H. Abu Dardiri di Banyumas.

Rombongan ziarah dibagi menjadi tiga rombongan kecil, untuk rombongan pertama dipimpin Kepala Kankemenag H. Ibnu Asaddudin didamping Kasubbag TU H. Khamid dan Kasi Pendidikan Madrasah Hj. Suwaibatul Aslamiyah diikuti Kepala MAN menuju makam K.H. Akhmad Nasoha di Wonoyoso Bumirejo Kebumen.

Mbah Ky. Nashoha, adalah sosok ‘ulama yang ikut terjun dalam perjuangan melawan penjajah dan berkontribusi dalam perkembangan Islam di Kebumen. Beliau merupakan orang yang pertama kali menjabat sebagai Rois Syuriah pertama PCNU Kebumen dan sangat berjasa pada awal berdirinya Kankemenag Kab. Kebumen.

Rombongan kedua dipimpin oleh Kasi Bimas Islam Salim Wazdy diikuti Kepala MIN, dan penyuluh dilingkungan Kankemenag Kab. Kebumen ziarah ke makam mantan Kakankemenag Kebumen K.H. Sumbono As Solikhun di Watubarut Gemeksekti Kebumen.

Sedangkan rombongan ketiga berziarah ke makam K.H. Masngudin yang juga mantan Kakankemenag Kebumen di desa Kawedusan Kebumen dipimpin oleh Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Makruf Widodo diikuti oleh para Kepala MIN dan MTSN dilingkungan Kankemenag Kab. Kebumen.

Kepala Kankemenag H. Ibnu mengatakan, tujuan ziarah adalah memanjatkan doa dan memberikan penghargaan kepada para leluhur yang telah berjasa atas eksistensi Kemenag Kebumen hingga saat ini. “Hendaknya para pimpinan dan seluruh jajaran Kankemenag Kab. Kebumen dapat meneladani dan meneruskan perjuangan mereka para leluhur kita,” pesannya.(fz/bd).