Gerakan Literasi, Ajak Siswa-Siswi MI Gemar Membaca

Semarang – Bekerja sama dengan Penerbit Erlangga, MI Miftahus Sibyan Tugurejo Tugu Kota Semarang mengadakan kegiatan literasi madrasah. Kegiatan ini sekaligus dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kartini diikuti oleh semua siswa dengan berpakaian adat, akhir pekan lalu, Sabtu (22/04).

Menurut Moh Multazam selaku kepala madrasah, kegiatan gerakan literasi ini terselenggara atas kerjasama semua pihak, guru, dukungan komite dan orang tua siswa. “Anak-anak MI Miftahus Sibyan mulai dikenalkan dan ditanamkan budaya membaca serta memahami isi buku bacaan. Para siswa diajak untuk selalu giat membaca dengan meneladani pahlawan Ibu Kartini yang telah mengangkat derajat kaum wanita Indonesia dan menekankan pentingnya pendidikan,” kata Multazam.

Pada kegiatan tersebut Penerbit Erlangga membagikan buku bacaan kepada para siswa. Buku yang dibagikan berkisar tentang kisah para pahlawan, dan pengetahuan umum

Pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdhatul Ulama Tugurejo Fatkhuronji memaparkan bahwa gerakan membaca bersama-sama dalam peringatan Hari Kartini ini, merupakan manifestasi kecintaan kita kepada pahlawan nasional yang telah memberikan keteladanan dalam mencintai ilmu pengetahuan. “Banyak anak sekarang yang tidak lagi mau mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan bangsa. Mereka lebih suka kehidupan instan yang semuanya berbasis IT. Padahal untuk membentuk karakter siswa dibutuhkan semangat dan pembelajaran yang riil serta proses yang panjang,” kata Fatkhuronji.

Kecintaan membaca harus ditanamkan sedini mungkin pada siswa-siswi, ketelatenan dan kesabaran untuk membentuk karakteristik yang kuat dan tangguh dalam menghadapi globalisasi menjadi tantangan bagi generasi mendatang. “Disinilah peran guru dalam mendidik dan membimbing siswa-siswi sangat menentukan prestasi dan kepribadiannya,” ujarnya.

Sedangkan Pembina LP Ma’arif NU Tugurejo Eman Sulaiman memberikan apresiasi kegiatan literasi ini. Disamping memperhatikan proses kegiatan belajar mengajar, para siswa harus diberikan pula berbagai kegiatan tambahan yang dapat meningkatkan pengetahuan semacam kegiatan literasi ini. “Anak-anak juga harus dilatih untuk berani berkompetisi dalam berbagai ajang kegiatan baik di tingkat kecamatan, kota maupun provinsi. Prestasi demi prestasi harus menjadi target dalam mengembangkan mutu pendidikan di Kota Semarang,” kata Eman.

Menanggapi pernyataan tersebut, Hamdan ketua panitia kegiatan ini menerangkan bahwa MI Miftahus Sibyan berada dalam pembinaan Kementerian Agama, oleh karenanya program kegiatan madrasah selalu disinergikan dengan Kemenag. Beberapa kegiatan lomba yang sering diikuti antara lain, KSM (Kompetisi Sains Madrasah) dan AKSIOMA (Ajang Kreatifitas Seni dan Olah Raga Madrasah). Disamping itu juga kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan seperti PORSEMA (Pekan Olah Raga dan Seni Madrasah) Ma’arif NU dari berbagai jenjang tingkatan. (ftkhrj-ch/gt).