Gugah kreatifitas anak melalui PENTAS PAI

Blora – Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam hendaknya mampu ditanamkan dan diterapkan oleh anak sejak usia dini, sehingga anak memiliki keunggulan dan kecerdasan dalam intelektual, emosi dan spiritual sebagai generasi yang berprestasi bagi masyarakat dan lingkungannya, maka gebyar pentasPendidikan Agama Islam(PAI) tingkat kabupaten hendaknya mampu menjadi motivasi bagi anak maupun sekolah untuk menampilkan aksi dan kemahirannya dalam bidang seni maupun agama.

Demikian dipaparkan oleh Kepala kankemenag Blora, Drs. H. Tri Hidayat dalam sambutan pembukaan lomba Gebyar Pentas PAI yang diselenggarakan oleh sekis PAIS Kankeemang Blora pada Rabu (29/4) di Aula TK Pembina negeri Blora.

Beliau juga menyatakan apresiasi anak didik yang mengikuti lomba dengan penuh antusias, karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan potensi dan daya kreatifitas anak TK dimana apabila kemampuan seni dan agamanya diasah dengan perlombaan, akan mampu meningkatkan kualitas dan kepribadian yang percaya diri. Maka membangun rasa percaya diri akan dapat terpupuk dengan baik jika sering mengikuti berbagai macam perlombaan seperti Pentas Agama Islam dan seni.

“Ibarat pepatah waktu kecil itu seperti melukis di atas pasir, kemampuan anak sejak kecil jika terus dibina akan lahir mental juara yang tangguh, berbeda jika sudah terlanjur tua seperti melukis di atas air, maka teruslah berkreatif, berkarya dan ikutilah lomba pentas PAI dan seni ini dengan baik”, paparnya.

Hal senada disampaikan ketua Panitia penyelenggara, Dra. Erlina Wahyuni bahwa kegiatan pentas PAIS dengan tema “ Dengan Lomba Gebyar Pendidikan Agama Islam pada TK Kantor Kementerian Agama Blora pada tahun 2015, kita kembangkan minat, bakat, serta kemampuan anak bidang keterampilan dan seni pendidikan Agama Islam” tersebut merupakan program baru dari seksi PAIS kankemenag Blora yang diikuti oleh sekitar 160 peserta yang terdiri dari lomba hafalan Quran 48 orang, praktek sholat wajib 37 orang, pildacil 24 orang dan mewarnai kaligrafi 51 orang.

Tujuan diselenggarakannya lomba adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak TK yang beragama Silam untuk mengembangkan, mengekspresikan diri, bakat dan minat, kemampuan dan potensi pada aspek keterampilan dan seni Pendidikan Agama Islam (PAI), membangun Aspek Emotional Quatien (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) yang baik sedini mungkin bagi anak anak, dan membangun ukhuwah Islamiyah di kalangan guru, orang tua, anak didik dan pengelola Taman Kanak kanak.

Gerak dan lagu dari anak anak TK pembina pun mengawali acara lomba gebyar pentasi PAIS, dengan penuh gemulai membawakan tarian yang cukup menghibur diikuti dengan penampilan terbaik dari para peserta lomba hafalan Alquran surah pendek, praktek Sholat wajib, pemilihan da’i cilik dan mewarnai kaligrafi./p>

Dari akhir lomba, masing masing pemenang mendapatkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan. (ima)