Semarak, AKSIOMA pelajar sekabupaten Blora

Blora – Lomba Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tingkat Kabupaten Blora berlangsung semarak dan lancar yang diikuti oleh seluruh pelajar baik MI, MTs Maupun Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Blora di Gedung Olahraga (GOR) Kridosono Blora, MTs Ma’arif 01 Blora, Masjid Agung Baitunnur, GOR Kol. Sunandar dan Aula Kankemenag Blora kemaren.

Sekitar 611 siswa yang terdiri dari siswa siswi MI sebanyak 205, Siswa MTs sebanyak 207, dan siswa MA sebanyak 136 orang mengikuti perlombaan bakat dan kreatifitas pelajar tersebut dengan penuh antusias dengan menunjukkan kemahiran dan kepiawaian masing masing.

Dalam laporannya, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Blora, Drs. H. Parmono, M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan AKSIOMA ini dilatarbelakangi oleh upaya peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, serta sebagai kegiatan yang mendukung kebugaran dan kesehatan siswa madrasah yang sudah berlangsung sejak tahun 2009 untuk mengembangkan potensi siswa yang dimiliki madrasah agar dapat mengembangkan minat dan bakatnya masing masing dan menumbuhkan kreatifitasnya, sesuai dengan tema kegiatan Untuk membangun Landasan bagi Berkembangnya Potensi Siswa Yang Profesional , Kreatif dan Sportif.

Parmono juga menyampaikan bahwa ada sekitar 38 jenis lomba yang dipertandingkan dalam AKSIOMA ini antara lain untuk tingkat MI, MTQ Putra dan Putri, Pidato Bahasa Indonesia Putra dan Putri, Atletik, Lari 60 M Putra dan putri, tingkat MTs antara lain MTQ putra dan putri, Pidato bahasa Arab Putra dan Putri, kaligrafi Putra dan putri, Hadroh Putra dan Putri, Atletik lari 100 m dan 400 M putra dan putri, bulutangkis putra dan putri, tenis meja putra dan putri, tingkat MA antara lain MTQ Putra dan Putri, Pidato bahasa Inggris Putra dan Putri, kaligrafi Putra dan putri, Singer Putra dan putri, Atletik, lari 100 M dan 400 M putra dan Putri, bulutangkis Putra dan putri, tenis meja putra dan putri.

Adapun tujuan diadakannya lomba AKSIOMA adalah untuk membangun citra madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmanai, skill dan intelektualitas, mengembangkan potensi dan kreativitas siswa, memberi kesempatan dan penghargaan bagi siswa berprestasi sesuai minat dan bakatnya untuk beraktualisasi diri, menumbuhkan watak jujur, tekun, cermat dan berpandangan terbuka, membangun budaya kompetisi secara sehat dan sportif, menumbuhkembangkan kepercayaan diri siswa dan membangun rasa kebersamaan antar siswa madrasah, sehingga siswa siswi yang mampu menjuarai kompetisi ini akan diajukan ke tingkat Propinsi.

Motivasi membangun bagi siswa diungkapkan oleh Kepala kankemenag Blora, Drs. H. Tri Hidayat yang menyampaikan bahwa hendkanya AKSIOMA ini benar benar dimanfaatkan untuk meningkatkan mental juara dan bersaing secara sportif dalam bidang seni maupun olahraga, dan siswa siswi madrasah juga mampu menunjukkan prestasinya serta memiliki iman, ilmu, seni dan amal secara utuh, karena dengan berilmu manusia bisa menjadi meningkat wawasannya dan tidak tersesat, melalui iman manusia bisa terarah hidupnya dan dengan seni hidup bisa menjadi indah, serta amalan yang baik mampu bermanfaat bagi orang lain.

“Ingat juga kata bijak Bung Karno bahwa Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”, ungkap Tri Hidayat serius.

Beliau juga memaparkan bahwa kesempatan untuk berprestasi hendaknya terus dibangun dalam diri pelajar sebagai generasi penerus bangsa, seperti pepatah “Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang, maka bertandinglah dengan jiwa sportif dan sungguh sungguh untuk mendapatkan hasil yang terbaik”, pungkasnya.

Sekitar 980 peserta dan undangan yang memadati GOR untuk mengikuti upacara pembukaan mengikuti jalannya upacara dengan tertib dan seksama, diikuti simbolis pelepasan balon ke udara dan iringan drum band yang semarak dari siswa siswi MI Al Huda Kunduran, sebagai tanda dimulainya laga kompetisi seni dan olahraga bagi pelajar madrasah se-Kabupaten Blora.(ima)