IPHI Mitra Kerja Kemenag

Klaten – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Ngawen Klaten,  mengadakan re-Organisasi/Musyawarah Cabang (Musycab) IPHI Kec. Ngawen yang bertempat di gedung IPHI Kec. Ngawen (17/3).

Ketua Musycab IPHI Kec. Ngawen yang diwakili Mutahid mengatakan, kegiatan ini dihadiri 50 peserta baik dari Muspika, Camat Ngawen Anang Widjatmoko, Kapolsek Ketandan Suyarta, Kepala KUA Kec. Ngawen Munsifun, tokoh agama, tokoh masyarakat dan anggota IPHI Kec. Ngawen. IPHI Kec. Ngawen telah mempunyai Gedung IPHI yang hampir selesai, mengucapkan terima kasih atas sumbangsih semua pihak yang tidak bisa kami sampaikan satu persatu untuk kelancaran pembangunan gedung, sebagai sarana pemberdayaan para haji.

Sementara itu Camat Ngawen mengutarakan, Ngawen sering mengadakan kegiatan lintas sektoral diataranya bidang keagamaan yaitu Kegiatan Taraweh Keliling (Tarling), Pengajian Ramadhon kerja sama dengan KUA Kec. Ngawen, Manasik Haji, Pengajian Pamitan Calon Haji, beliau juga berharap agar semua kegiatan Manasik Haji, Pamitan Calon Haji diadakan di gedung IPHI Kec. Ngawen.

Hal tersebut di amini Kepala KUA Kec Ngawen Munsifun, sinergi antara IPHI dan Kementerian Agama dalam hal ini KUA terus berjalan dengan baik, setiap tahun bekerja sama dalam hal manasik haji. Kementerian Agama dan IPHI adalah mitra kerja dalam bidang ibadah haji.

Peran dan fungsi IPHI dalam memberikan pembinaan jamaah pasca haji tentu sangat diharapkan karena dengan wadah IPHI inilah para jamaah yang sudah menunaikan ibadah haji bisa berkiprah dan memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat.

“Keberadaan IPHI mempunyai peran melaksanakan pembinaan, bimbingan, penyuluhan, dan penerangan kepada calon jamaah haji/prahaji dan pasca haji”, kata Munsifun.

Munsifun menambahkan fungsi dan peran keberadaan IPHI. Meningkatnya implementasi haji mabrur ditengah-tengah masyarakat sehingga tercapai kondisi umat dan bangsa yang sejahtera lahir dan batin.

“Memberdayakan para haji dalam melestarikan kemabruran hajinya, menjadi teladan, panutan dan pilar peningkatan kualitas umat dan bangsa Indonesia. Sebagai wadah bagi pasca haji dan tetap menjalin ukhuwah antar jama’ah haji agar terjaga kemabrurannya. Musycab IPHI memilih pengurus baru yang meneruskan pengurus yang lama yang sudah baik, dan meningkatkan program-programnya”, jelasnya.

Untuk itulah kerjasama yang telah terbangun dengan baik ini, selalu ditingkatkan, terus saling mengisi dan koordinasi untuk kemaslahatan umat, sedangkan Kec. Ngawen calon haji tahun 2017 ini ada 46 orang.(nardi­_aj/Wul)