Kembali Ukir Prestasi, Ainaya Raih Emas di Liga Olimpiade Nasional

Purbalingga – Siswa MTs Negeri 3 Purbalingga kembali menunjukkan kemampuannya dengan meraih prestasi membanggakan di  tingkat nasional. Siswa berprestasi tersebut adalah Ainaya Rakhmaningtias (siswa kelas IX)  yang cerdas dan istimewa di semua bidang.

Kepala MTs Negeri 3 Purbalingga Solahuddin dalam keterangannya menyampaikan apresiasi luar biasa atas keberhasilan peserta didiknya tersebut.

“Apresiasi setinggi-tingginya kami berikan atas torehan prestasi yang diraih anak didik kami ananda Ainaya Rakhmaningtias yang telah berjuang mengharumkan nama madrasah dan menjadi motivator bagi pelajar lainnya untuk belajar lebih keras lagi sehingga dapat berprestasi,” ungkapnya Selasa (5/10/20210).

Ia menambahkan, Ainaya Rakhmaningtias (Naya) berhasil meraih medali emas di Olimpiade Nasional pada Mapel Biologi SMP 2021 yang dilaksanakan secara online pada 30 September  lalu.

“Prestasi Naya ini diraih berkat para guru pembimbing yang dengan tekun memberikan semangat dalam pembimbingan. Keempat guru pembimbingnya yaitu: Nur Hidhayati, Ika Merdekawati, Isti Rahayu, dan Ajeng,” tambahnya.

Salah satu guru pembimbing Naya Nur Hidhayati dalam keterangannya menjelaskan, Liga Olimpiade Bidang Biologi ini memperkenalkan dan menumbuhkan ketertarikan siswa.

“Bagaimana memecahkan masalah lewat eksperimen, kemampuan berpikir kritis, kreatif,  dan kolaboratif. Naya termasuk salah satu siswa yang membanggakan karena memiliki multi talenta.  Terbukti  di masa pandemi ini bertumpuk prestasi yang ia dapatkan,” ujarnya.

Menurutnya, dalam 2 bulan terakhir Naya meraih beberapa kejuaraan. Di antaranya Juara 1 Kompetensi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten, Juara POSI sebagai peraih medali perak untuk mapel IPA.

“Juga peraih kejuaraan baca puisi tingkat kabupaten, dan terbaru di awal bulan Oktober pada Liga Olimpiade meeraih medali emas,” ungkapnya.

Dulang Prestasi

Naya – Putri pertama dari pasangan Wahyono dan Solikhah tersebut mengaku ingin meraih sebanyak mungkin prestasi dari berbagai perlombaan yang ia ikuti.

“Alhamdulillah saya kembali meraih prestasi untuk madrasah saya tercinta. Semoga berikutnya saya bisa meraih lebih banyak lagi prestasi yang membanggakan bagi Madtsanaga, guru, dan tentunya kedua orang tua tercinta,” ucapnya bangga. * (dini el_sar/bd)