Kemenag Jateng Siapkan Skema Penyelenggaraan Haji tahun 1443 H/ 2022 M

Solo (Humas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad paparkan Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Provinsi Jawa Tengah tahun 1443 H/ 2022 M pada Kunjungan Kerja (Kunker) DPR RI Komisi VIII dalam rangka Pengawasan Pengelolaan unit Asrama Haji Donohudan, Solo Provinsi Jawa Tengah di Aula Lt.4 MAN 1 Surakarta, Sabtu (4/9).

“Untuk persiapan penyelenggaraan Haji tahun 1443 H /2021 M maka kita lakukan koordinasi dengan Dinkes Provinsi dan Kab/Ko terkait vaksinasi meningitis dan covid-19, kami juga lakukan pendataan ulang calon haji baik PPIH Kloter maupun PPIH Arab Saudi yang meninggal, pensiun ataupun pindah satker,” tutur Kakanwil.

“Selain itu pemerintah juga berikan modul Manasik dan pelaksanaan Manasik sepanjang tahun di Kab/Ko secara daring dan luring serta Pemutihan ijin 207 KBIHU se Jawa Tengah,” imbuhnya.

Kakanwil menyampaikan bahwasanya pemerintah telah menyiapkan skema penyelenggaraan haji tahun 1443 H/ 2022 M yakni jemaah akan diberangkatkan seluruhnya apabila pandemi telah berakhir atau jemaah akan diberangkatkan sebagian dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun hingga saat ini pemerintah belum juga mendapatkan konfirmasi terkait kuota jamaah haji Indonesia dari Pemerintah Arab Saudi.

Tampak hadir Rombongan Komisi VIII DPR RI sebanyak 17 orang yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI, Saiful Mujab, Perwakilan Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah serta Kepala Pengelolaan Asrama Haji Donohudan (AHD), Bambang Sumanto.

“Kita berharap supaya pandemi ini segera berakhir supaya seluruh jemaah yang gagal berangkat dapat menunaikan ibadah Hajinya dengan baik dan tetap sehat,” tutur Kakanwil.

“Insyaallah atas restu Allah dan atas bimbingan bapak dan ibu Komisi VIII DPR RI, akan dilaksanakan revitalisasi Asrama Haji Transit Manyaran, Semarang dengan anggaran 44 Milyar,” imbuhnya.

Kegiatan Kunker dilanjutkan dengan diskusi terkait paparan yang telah disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng. Disebutkan bahwa kuota jemaah haji embarkasi Asrama Haji Solo berjumlah 33.524 orang dan petugas sejumlah 475 orang yang terdiri dari ketua kloter, pembimbing ibadah, dokter serta paramedis. (pqq)