Kemenag Leading Sector Peringatan Hari Besar Islam

Klaten – Dalam rangka menyambut serta memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1438H dan peringatan Tahun Baru Hijriyah 1439H, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten dan Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Klaten sebagai leading sector peringatan hari besar Islam menggelar Rapat Koordinasi dengan sejumlah SKPD untuk kesuksesan agenda kegiatan Takbir keliling dan pengajian.

Rakor diselenggarakan di Ruang Kepala Kemenag Klaten dihadiri dari Pemda, Polres, Kodim, Satpol PP, Dinkes, PMI dan RSPD, Jumat (11/8).

Plh. Kepala Kemenag Klaten, M Yusuf dalam arahannya meminta kepada semua pengurus PHBI dan berbagai pihak yang terkait untuk membantu menyemarakkan hari kemenangan termasuk pada malam takbiran, sehingga keamanan dan ketertiban tetap terjaga sehingga kegiatan berjalan secara kondusif.

“Peringatan Hari Besar Islam merupakan salah satu perwujudan komitmen keimanan untuk mengenang kembali perjuangan Rasulullah Muhammad SAW terhadap agama. Selain itu, untuk membina dan meningkatkan serta memberi dorongan kepada masyarakat dan generasi muda untuk mencintai tahun baru Hijriyah sebagai tonggak perjuangan dimasa lampau,” kata Yusuf.

Dijelaskannya, melalui peringatan itu, mereka bertekad mempersiapkan generasi Islam yang tangguh dan mampu menunjukkan identitas ditengah terpaan arus globalisasi serta senantiasa mencintai agama, bangsa dan tanah air.

“Selaku lembaga yang diberi amanat untuk melaksanakan syiar-syiar Islam, kedepan diharapkannya tidak hanya sebatas acara seremonial. Kedepan akan kita tingkatkan dengan kegiatan yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam menghadapi tahun baru Islam diharapkan diterimanya semua ibadah dengan tujuan mencapai predikat taqwa sebenarnya dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangannya.

Selain itu, Yusuf mengajak semua pada tahun baru Hijriyah untuk dijadikan sebagai momentum refleksi diri guna mengevaluasi diri dan merevisi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dari hasil rapat tersebut telah disepakati pelaksanaan takbir keliling malam Idul Adha 1438H start  dan finish di Masjid Agung Raya Klaten, Shalat Idul Adha di Alun-Alun Klaten dan di Masjid Agung Al Aqsha serta pelaksanaan pengajian peringatan tahun baru Hijriyah 1439 bertempat di Masjid Agung Al Aqsha pada 26 September 2017.(sa_aj/Wul)