KKMI 01 Pemalang Helat Perkemahan Gebyar MI

Pemalang – Dalam rangka membina, menanamkan, dan meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) 01 Pemalang mengadakan perkemahan gebyar MI se-KKMI 01 Pemalang di lapangan Desa Banglarangan.

Perkemahan ini,  bertujuan untuk memupuk rasa persatuan kesatuan serta jiwa kejuangan bagi generasi muda Indonesia. Demikian disampaikan oleh Zdakirin selaku ketua panitia dalam laporannya saat upacara pembukaan, Jumat (29/09).

Upacara yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman dimulai jam 14.30 WIB. Turut hadir Camat Ampelgading, Kapolsek, Danramil, Kepala UPPK Ampelgading, Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah, dan Kepala Desa Banglarangan.

“Jadikan perkemahan sebagai wahana untuk memupuk silaturahmi, kebersamaan, saling asah, asuh. Bisa dijadikan pengalaman tambahan untuk bekal di kemudian hari agar kuat mental dan kuat iman. Di madrasah bukan hanya pembelajaran namun ada kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka,” ujar Taufik dalam sambutannya.

Madrasah, lanjut Taufik, tumbuh dan berkembang atas keinginan masyarakat, maka bukan hal aneh banyak masyarakat yang mendukung madrasah. Melalui madrasah dibentuk karakter bangsa yang berakhlakul karimah.

“Kita jaga bersama madrasah dan peran sertanya di masyarakat,” ajak Taufik.

Usai mengakhiri sambutannya, Taufik mengalungkan tanda peserta kepada dua orang siswa-siswi perwakilan yang diikuti oleh peserta perkemahan. Seusai upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan pawai ta’aruf keliling Desa Banglarangan.

Perkemahan gebyar MI akan dilaksanakan selama tiga hari sampai hari Minggu (1/10). Kegiatan diikuti oleh 640 peserta didik dari 32 MI se-KKMI 01 Pemalang. Selain perkemahan, gebyar MI juga melaksanakan kegiatan khitanan massal, santunan anak yatim, dan pengajian umum melibatkan masyarakat desa. (fi/rf)