Komunikasi Antar Petugas Perlancar Ibadah Haji

Karanganyar – Keberhasilan pelaksanaan ibadah haji di tanah suci tidak terlepas dari peran petugas yang menyertainya, termasuk didalamnya adalah jamaah haji yang ditunjuk untuk menjadi ketua rombongan dan ketua regu. Hal ini disampaikan oleh Kasubbag TU pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Wiharso dalam acara pemantapan karu dan karom, (18/07).

“Tugas ketua regu dan ketua rombongan adalah membantu kelancaran pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. Perannya disini sangat besar, mengingat jumlah petugas haji yang jumlahnya sedikit. Akan ada banyak peran bapak/ibu disini, diantaranya adalah terkait pemondokan, ibadah, jembatan komunikasi antar jamaah dan petugas haji, serta lain sebagainya”, ucap Wiharso.

Lebih lanjut Kasubbag TU mengatakan bahwa ketika ada masalah yang terjadi di tanah suci, komunikasi dan koordinasi yang baik adalah kunci untuk memperlancar pelaksanaan ibadah haji. “Di tanah suci itu suasananya berbeda seperti di tanah air, apalagi ketika sudah lama berada disana. Disinilah peran Karu dan Karom untuk mengawasi dan melaporkan apabila ada hal-hal yang tidak berjalan seperti biasanya, sehingga ketika ada masalah dapat segera teratasi”, tandas mantan kepala KUA Karanganyar.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor itu berlangsung selama dua hari, mulai hari Selasa sampai Rabu dan diikuti oleh 51 karu dan 13 karom. Selain Kasubbag TU, hadir juga Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad dan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, H. Museri sebagai narasumber.

Disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh bahwa ada perubahan penerbangan SOC Tahun 2017, sebagai berikut :

  1. Kloter 21 SOC Kab Karanganyar : masuk Asrama *Rabu 2 Agustus pkl 13.00 wib*, terbang Kamis 3 Agustus pkl 13.50. Wib, Pulang *Rabu 13 September pkl 14.25 wib*.
  2. Kloter 77 SOC Kab. Kendal dan Kab. Karanganyar: masuk Asrama *Sabtu 19 Agustus pkl 19.00 wib*, terbang Ahad 20 Agustus pkl 19.35. Pulang *Sabtu 30 September pkl 18.05 wib*.
  3. Kloter 78 SOC Kab. Karanganyar dan Kab. Boyolali: masuk Asrama *Ahad 20 Agustus pkl 06.00 wib*, terbang Senin 21 Agustus pkl 01.45 wib. Pulang *Sabtu 30 September pkl 23.05 wib*. (ida-hd/ Wul)