KUA Bantu Tingkatkan Nilai Akreditasi PUSKESMAS

Karanganyar – Salah satu kegiatan lintas sektoral di Kecamatan Tasikmadu adalah kerjasama antara Kantor Urusan Agama dengan Puskesmas. Kerja sama ini sangat erat karena setiap pernikahan membutuhkan surat keterangan sehat dan imunisasi TT dari Puskesmas.

Puskesmas Kecamatan Tasikmadu sedang diadakan penilaian Akreditasi (04/05). Penilaian ini melibatkan KUA sebagai salah satu mitra kerja dari Puskesmas. Dengan menghadirinya, Kepala KUA Kecamatan Tasikmadu, Aris Purwanto ikut mensukseskan acara tersebut. Dikatakan oleh Kepala KUA saat wawancara singkat di tempat kerjanya, Rabu(09/05) bahwa peran KUA disini sangat penting terhadap akreditasi PUSKESMAS.

“Peran KUA sangat penting dalam penilaian akreditasi ini, karena setiap pernikahan membutuhkan surat keterangan sehat dan imunisasi TT dari puskesmas”, kata Aris.

Lebih lanjut Kepala KUA Tasikmadu menyampaikan bahwa selain persoalan imunisasi, pihaknya juga bekerjasama dengan Puskesmas dalam hal penyuluhan usia nikah dan keluarga sakinah juga ada keterkaitan antara kedua belah instansi tersebut.

Pada penilaian akreditasi Puskesmas kecamatan Tasikmadu ini KUA juga ikut diwawancari tentang kegiatan seputar Puskesmas dan semua kegiatan yang melibatkan KUA. Penilaian ini berlangsung 2 hari yaitu Kamis (4 Mei 2017) dan Sabtu (06 Mei 2017).

Dengan ikut berperan pada penilaian akreditasi ini diharapkan kerjasama antara KUA dan Puskesmas Kecamatan Tasikmadu makin baik dan bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal pada masyarakat pengguna jasa baik pada KUA maupun Puskesmas. Kepala Puskesmas Tasikmadu, dr. Kritianto Setyawan dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada semua instansi yang terlibat pada proses penilaian akreditasi puskesmas ini. (nr-hd/wul)