KUA Kecamatan Bawang Gelar Praktik Pemulasaran Jenazah Kepada Anggota Takmir Masjid Baitul Hikmah

* Kepala KUA Kecamatan Bawang H.Moh Romdhon didampingi para penyuluh sedang menyampaikan sambutan

Batang – Salah satu fungsi dan tujuan Kantor Urusan Agama adalah layanan masyarakat secara umum, baik kegiatan keagamaan, administrasi pernikahan maupun data tempat ibadah. Memenuhi salah satu permintaan dengan surat permintaan Takmir masjid Baitul Hikmah desa Pangempon Perihal pelatihan pemulasaraan jenazah, KUA Kecamatan Bawang merealisasi permohonan itu dan bergerak langsung ke Masjid tersebut pada Kamis, ( 02/09) kemaren.

Kepala KUA kecamatan Bawang H.Moh Romdhon merespon baik surat permohonan tersebut dan bergerak beserta Segenap Penyuluh Mengadakan pelatihan Pemulasaran Jenazah di desa Pangempon, tepatnya di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Agar Kegitan tersebut selalu mematuhi Prokes Covid -19, kegiatan tersebut dihadiri oleh tiga Pedukuhan yaitu Dukuh Pangempon, Gintung dan Kalikuning. Adapun jumlah peserta tiap dukuh mengirimkan lima personil dan panitia lokal lima personil.

“ Saya berharap pelatihan dan praktik ini dapat diikuti dengan semaksimal mungkin karena menyangkut syiar islam dan kepedulian terhadap umat, dan setelah pelaksanaan pelatihan pemulasaraan jenazah ini agar semua peserta pelatihan ini dapat di sampaikan dan ditindaklanjuti, sehingga ilmu yang telah diperoleh dapat dimanfaatkan oleh orang lain” ujar H. Moh Romdhon.

Dia juga menegaskan  karena saat ini kita masih dalam masa PPKM, maka semua kegiatan masih dibatasi pesertanya dan tetap menggunakan protocol kesehatan secara ketat agar kita terhindar dari penularan virus covid-19 yang masih cukup masiv ditengah-tengah kita.

“ Kita harus memaklumi karena kebijakan pemerintah saat ini masih dalam PPKM, maka semua kegiatan dibatasi dan semua kegiatan harus menggunakan protocol kesehatan yang ketat agar kita terhindar dari penularan covid-19,” tegasnya.

* Mujiono Penyuluh Non PNS sedang mempraktikan pemulasaraan janazah

Sementara itu Kordinator Penyuluh Agama Islam kecamatan Bawang Nurudin Junaedi mengatakan bahwa dua hari sebelum menjelang pelatihan telah merapatkan semua penyuluh agar mempersiapkan acara tersebut baik petugas lapangan maupun petugas perlengkapan, besar harapan dalam pelatihan praktik pemulasaraan jenazah ini dapat berjalan lancar tanpa adanya kendala, sehingga peserta dapat mengikuti pelatihan tersebut secara khitmad dan sungguh-sungguh.

“ Setelah menerima perintah dari Kepala KUA Kecamatan Bawang, para Penyuluh langsung merespon dan segera melakukaan koordinasi, melakukan persiapan dan pembagian tugas untuk menyukseskan kegiatan itu,” jelas Nurudin Junaidi

Takmir masjid Baitul Hikmah KH . Naim Amrullah dalam sambutanya menyampaikan, kebahagiaan dan terharu sampai meneteskan air mata kepada semua petugas dari KUA Bawang karena telah peduli dan mau terjun langsung kepada masyarakat.

“ Saya sebagai ketua takmir Masjid Baitul Hikmah merasa senang dan terima kasih sekali kepada semua Penyuluh Agama Islam KUA Bawang yang telah meluangkan waktu dan terjun langsung kepada masyarakat di pelosok desa, Mudah mudahan menjadi amal baik semua petugas dari KUA dan menjadi ilmu manfaat dan menjadi penerang pada kegelapan, terutama di bidang praktik pemulasaraan Jenazah, dan saya berharap apabila kami mengundang kembali mohon waktunya untuk mengisi materi kembali,“ Ujar KH. Naim.

Mujiono Penyuluh Non PNS sebagai memandu Peserta dalam praktik merasa senang, karena semua peserta antusias dalam melaksanakan pelatihan dan praktik pemulasaraan jenazah tersebut, sehingga pelatihan bisa berjalan lancer tanpa ada kendala. (Rosidin / Zy)