Kunjungan Panja Komisi VIII DPR RI, Maksimalkan Konstribusi Asrama Haji

Panja Komisi VIII DPR RI, Maksimalkan Kontribusi Asrama.

Solo (Humas) – Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka menyampaikan tujuan Kunjungan Panitia Kerja (Panja) Komisi VIII DPR RI sebanyak 17 orang ini dalam rangka pengawasan pengelolaan Asrama Haji ke Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu (4/9/21)

“Kunjungan Panja dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pelayanan Asrama Haji sebagai salah satu ruang lingkup tugas (bidang agama) Komisi VIII DPR RI,” ungkap Diah Pitaloka di MAN 1 Surakarta.

Didampingi Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI, Saiful Mujab, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad beserta jajarannya, Kepala Pengelolaan Asrama Haji Donohudan, Bambang Sumanto, lebih lanjut Diah mengungkapkan bahwa Kunjungan Panja juga untuk bersinergi dalam menjalankan tugas konstitusi, dan fokus membahas permasalahan yang dihadapi, baik sarana, prasarana maupun pengelolaan Asrama Haji demi meningkatkan dan memaksimalkan agar asrama haji dapat memberi kontribusi yang lebih baik dan produkstif.

“Perlu upaya dan langkah strategis untuk memaksimalkan agar asrama haji dapat memberi konstribusi lebih atas fasilitas yang telah dimiliki tidak hanya untuk pelayanan jemaah haji namun dapat meningkatkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP), sehingga tidak memberatkan APBN,” jelasnya dengan gamblang.

Komisi VIII DPR RI pada masa sidang ini akan mendalami dengan melibatkan banyak pihak Kementerian, Lembaga, Asosiasi, KBIH maupun dari para pakar agar ke depannya Asrama Haji dapat  memberi kontribusi lebih terhadap kepentingan calon jemaah haji dan tidak terlalu membebani keuangan negara dalam pengelolaannya.

Sementara Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI, Saiful Mujab menyampaikan ucapan syukur dan harapannya atas kunjungan seperti ini.

“Kami bersyukur atas perhatian Komisi VIII DPR RI terhadap penyelenggaraan haji dan berharap adanya standar pelayanan yang jelas agar ke depan semua jemaah mendapat pelayanan yang sama serta kedepan kita terus dapat bersinergi demi memberikan pelayanan haji yang lebih baik,” tutur Saiful.

Sementara dalam sambutan selamat datangnya Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov. Jateng) yang diwakilkan oleh Kepala Asrama Haji Donohudan, Bambang Sumanto sekaligus paparan pengelolaan Asrama Haji Donohudan.

“Asrama Haji Donohudan merupakan aset Provinsi dibawah BPKAD memiliki tujuan salah satunya menyiapkan pelayanan dalam penyelenggaraan Haji,” tutur Bambang.

“Asrama Haji Donohudan juga digunakan sebagai tempat kegiatan keagamaan, diklat, dan kegiatan pemerintah lainnya serta swasta,” imbuhnya. 

Pandemi yang telah berlangsung dalam dua tahun ini Asrama Haji Donohudan mengalihkan fungsi sementara turut penanggulangan dan pencegahan penyebaran covid19 sebagai isolasi mandiri dan rumah sakit darurat.  (qq)