Madrasah Jawa Tengah Borong Prestasi Tingkat Internasional

Semarang (Humas) – Segudang prestasi yang telah banyak diborong siswa madrasah semakin membuktikan bahwa slogan Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat bukan isapan jempol belaka. Madrasah Jawa Tengah membawa nama harum dengan prestasi gemilangnya di kancah Internasional pada ajang Hongkong International Mathematical Olympiad (HKIMO) 2021. Dalam ajang olimpiade ini, sejumlah empat puluh siswa madrasah dari Indonesia berhasil meraih medali dan delapan belas diantaranya adalah siswa madrasah Jawa Tengah.

HKIMO merupakan Olimpiade Matematika Internasional Hong Kong yang dikembangkan oleh mantan Ketua Tim Olimpiade Matematika Hong Kong, Wong Tin Chun. Tujuan pengembangan HKIMO adalah untuk mempromosikan Olimpiade Matematika ke seluruh dunia. Makalah ujian terdiri dari 5 topik utama: berpikir logis, aritmatika/aljabar, teori bilangan, geometri & kombinatorik yang diikuti oleh 18 negara.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta'in Ahmad sangat mengapresiasi prestasi siswa madrasah yang semakin terbukti mampu bersaing hingga kancah internasional.

“Saya saya bangga atas prestasi siswa madrasah dikancah Internasional, ini semakin membuktikan madrasah kita sudah siap menjadi madrasah yang mendunia sesuai impian kita bersama,” ungkap Musta'in, Sabtu (12/06).

Musta'in menuturkan ditengah pandemi global, siswa madrasah mampu unjuk prestasi menyabet prestasi pada lomba matematika tingkat internasional. Madrasah sudah mampu melahirkan talenta-talenta berbakat untuk mengisi ruang-ruang kosong yang dibutuhkan bangsa. Hal ini dapat menjadi motivasi dan perlu diketahui oleh siswa madrasah Jawa Tengah bahkan di seluruh penjuru Indonesia dan dunia. 

“Madrasah-madrasah kita yang berpestasi, yang akan semakin diminati. Apa yang hari ini madrasah torehkan menunjukkan kemandiriannya, berproses menuju prestasi yang akan dicatat oleh dunia internasional” ujar Musta'in.

Sejalan dengan Kakanwil, Kabid Pendidikan Madrasah, A. Saifulloh mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi siswa madrasah Jawa Tengah. Ia berharap prestasi madrasah ini dapat membuktikan bahwa Kemenag Jawa Tengah kini semakin maju, sesuai tagline Kemenag Jateng Majeng.

“Alhamdulillah, Madrasah Jawa Tengah kembali meraih prestasi di tingkat internasional dan dari prestasi yang diraih madrasah-madrasah di Jawa Tengah secara umum menjadi bukti bahwa Kemenag Jawa Tengah kini semakin maju sebagaimana cita-cita Kakanwil dengan taglinenya Kemenag Jateng Majeng,” ungkap A. Saifulloh melalui pesan singkatnya. 

Seleksi HKIMO 2021 tingkat nasional dilaksanakan secara daring pada 2 Mei 2021. Pengumuman hasil seleksi HKIMO 2021 tingkat nasional disampaikan secara daring pada Rabu, 9 Juni 2021 via live Streaming Youtube https://youtu.be/OA8xvqBflPg.

Berikut nama-nama delapan belas siswa madrasah Indonesia yang berhasil meraih gelar juara sebagai berikut :

Gold

Naila Farikha (MTSN 1 Jepara)

Silver

Dimas Yudha Saputra (MAN 1 Jepara)

Zahra Aulia Ramadhani (MAN 1 Jepara)

Muhammad Nafis Khilmi Kafa (MAN 1 Jepara)

Habib Akhmad Alfarisi (MAN 2 Cilacap)

Khoirina Afrilia (MAN 1 Jepara)

Muhammad Syarif Hidayatullah (MTSN 4 Demak)

Bronze

Zafira Salsabila Husna (MI Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara)

Nadia Ersa Yuniar (MAS Al Hikmah 2)

Sakinatul Mufadah (MAN 1 Jepara )

Alfan Fauzan Ridlo (MAN 2 Cilacap)

Gading Al-Baa'its Husaini (MAS Al Hikmah 2)

Indah Nurul Janah (MAN 1 Jepara)

Dimas Wahyu Saputra (MAS Al Hikmah 2)

Muhammad Rizky Faizullah Sudibyo (MAN 2 Kota Semarang)

Putri Lestari Widya Santi (MAN Demak)

Suprehatiningsih (MTSN 4 Demak)

Riza Roudlotur Rizkiyana (MTSN 4 Demak)

(qq)