Masmin Afif: Pasca Purna Tugas, Jaga Terus Institusi Kemenag

Klaten – Masa purna tugas bagi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) bukan akhir dari segalanya. Purna tugas merupakan satu hal alamiah yang nantinya akan dialami oleh semua ASN sehingga tidak perlu risau. Hal itu harus disikapi secara wajar dan profesional dan tulus ikhlas.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten dalam apel pagi Senin bersama sekaligus pelepasan purna tugas empat ASN Kemenag yang bertempat di halaman Kemenag Klaten, yang dihadiri seluruh ASN dilingkungan Kemenag, pengawas, Kepala KUA se Kab. Klaten, penyuluh agama dan penghulu, Senin (5/2).

"Purna tugas merupakan anugerah yang harus disyukuri, karena pensiun dengan khusnul khatimah, telah melewati satu masa pengabdian kepada bangsa dan negara selama 30 dan 28 tahun sebagai abdi negara dan akhirnya kembai berjuang di maasyarakat. Pelepasan ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap mereka yang telah melaksanakan tugasnya dengan sukses dan baik tanpa ada hal yang negatif," tandas Masmin.

Kemenag mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kontribusinya dan membesarkan nama Kementerian Agama. Pengabdian dan perjuangan telah berakhir dalam institusi Kementerian Agama, tetapi pengabdian di masyarakat telah menunggu.

"Jaga terus institusi Kemenag, masyarakat akan tetap terus menaruh perhatian, untuk itulah jangan sampai setelah purna membuat nama jelek institusi yang pernah diembannya," harap Kakankemenag.

Masmin Afif baik secara pribadi maupun kedinasan juga memohon maaf apabila selama ini ada kesalahan, kekhilafan baik disengaja maupun tidak kepada semuanya dan  berpesan agar menjaga sillaturrahim dan mohon didoakan bagi ASN yang masih aktif agar tetap sehat dan mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan yang ada.

"Sampaikan juga kepada masyarakat, bahwa Kementerian Agama Kabupaten Klaten dalam pelayanan administrasi tanpa ada pungutan apapun, dan tolak gratifikasi," pesan Masmin.

Sementara itu Hidayat yang mewakili keempat ASN yang purna purna tugas menyampaikan ucapan rasa terima kasihnya kepada seluruh komponen yang ada di Kemenag dan permohonan maaf bila selama melaksanakan tugas dan bergaul di lingkungan Kemenag Klaten ada kesalahan dan kekhilafan yang disengaja maupun tidak disengaja. Ke empat ASN yang purna tugas adalah Partana, Hidayat, Harwanto, dan Siti Zuliati.(aj/Wul)