Memperteguh Komitmen Tugas Dan Fungsinya Penyuluh Menerima Pembinaan Kepala KUA

Batang – Penyuluh Agama Islam kecamatan Blado mengadakan Khotmil Quran dan Doa bersama di Mushola KUA Kecamatan Blado dan pembinaan Kepala KUA untuk memotivasi dan memberi pengarahan kepada Penyuluh Agama Islam, karena merupakan bagian dari Keluarga besar Kantor Urusan Agama. Acara dilaksanakan pada Senin, (3/05) yang lalu itu dihadiri oleh seluruh Penyuluh baik Fungsional maupun Non PNS.

Kepala KUA Kecamatan Blado H.M. Fathurrohman, dalam pembinaanya menyampaikan agar penyuluh semakin sinergis dengan KUA dan meningkatkan motivasi semangat dalam menjalankan tugas dan tangungjawabnya.

“ Penyuluh merupakan corong terdepan dari KUA Kecamatan, dilihat dari tugas pokok dan fungsinya yang sangat strategis karena ditengah-tengah masyarakat langsung, sebagai corong Penyuluh harus mampu menyampaikan kebijakan-kebijakan Kementerian Agama secara hirarkis baik dari pusat hingga KUA Kecamatan, maka semua kegiatan Penyuluh harus melibatkan KUA agar tidak tumpang tindih kepentingan,” kata H.M. Fakhurrohman

Dia juga menyampaikan peranan penting Penyuluh dalam menyikapi dan membantu masyarakat dalam mematuhi kebijakan – kebijakan pemerintah, Penyuluh juga harus dapat member memotivasi masyarakat khususnya Jamaah binanannya agar menjadi umat yang taat beragama juga mengikuti berbagi anjuran pemerintah.

Sementara itu kordinator Penyuluh Agama Islam kecamatan Blado Alif Rahman dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya sengaja acara Khotmil Quran ini dibarengkan dengan pembinaan oleh Kepala KUA tujuannya antara agar agenda kegiatan kepenyuluhan dengan program-program KUA lebih terkoordinasi.

“ Kami sengaja kegiatan khotmil Quran ini dibarengkan dengan pembinaan langsung dari Kepala KUA, agar semua agenda kegiatan kepenyuluhan dapat bersinergi dan terkoordinir dengan baik dengan program-program KUA Kecamatan secara umum,” jelas Alif.

Dia juga mengingatkan terkait dengan kegiatan-kegiatan masyarakat binaan agar senantiasa memperhatikan protokol kesehatan, terutama kegiatan Ibadah selama bulan suci ramadhan yang tahun ini masih dalam situsai Pandemi Covid 19.

Di penghujung acara ditutup dengan Doa bersama yang dipimpin oleh salah satu dari Penyuluh Agama Islam M. Syafi'ul Umam, Doa itu dipanjatkan agar semua tugas dan tangungjawab Penyuluh bisa dimudahkan oleh Allah SWT, dan juga Negara Indonesia segera bebas dari Covid 19. (Wrait.Hamdi/Abd / Zy )