Menjawab Kebutuhan Guru, MGMP PAI SMA Jateng Matangkan Program Kerja

Pengurus MGMP PAI SMA periode 2021-2024 rapat secara virtual memanfaatkan aplikasi zoom

Setelah melengkapi kepengurusan, Pengurus MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) PAI SMA Jawa Tengah langsung bergerak cepat dengan menggelar Pra Rapat Kerja (Raker) virtual untuk menyusun program kerja (Proker) kepengurusan untuk 1 (satu) tahun kedepan Sabtu (06/11) dimulai pukul 19.30 WIB.

Hery Nugroho, ketua MGMP PAI Jawa Tengah terpilih menyampaikan bahwa kegiatan ini mendapatkan support dari Kabid PAI, Imam Buchori dan Kasi PAI pada SMA/SMALB/SMK Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Afifatun. Kemudian juga Hery mengucapkan terima kasih atas kehadiran segenap pengurus yang luar biasa secara virtual, meski dilaksanakan malam ahad yang semestinya waktu untuk keluarga, namun dapat menyempatkan waktu untuk kegiatan pra raker malam ini. Bapak/Ibu semua adalah pejuang PAI di Jawa Tengah dengan meluangkan waktu untuk berfikir program MGMP PAI Jawa Tengah setahun ke depan.

“Pra Raker ini merupakan hal baru di MGMP PAI SMA Jawa Tengah. Sebelum diselenggarakan raker, diawali dengan Pra Raker yang sebelumnya sudah dirapatkan di masing-masing. Hal ini kita lakukan dalam rangka mematangkan program kerja yang nantinya betul-betul realistis dan dapat dilaksanakan,” jelasnya.

Lebih lanjut Hery menjelaskan kegiatan pra raker ini merupakan panduan kerja organisasi agar langkah dalam satu tahun kedepan ini dapat berjalan secara sistematis dan terarah.

“Dalam kesempatan tersebut masing-masing bidang mempresentasikan kemudian dikaji bersama dan fokus untuk program esensi satu tahun kedepan yakni di tahun 2022, tentu dengan tetap mempertimbangkan waktu, tenaga, biaya, dan output,” ungkapnya.(dsr/rf)

Musyawarah Rohis SMA/SMK Jateng

Diantara bidang menyampaikan program kerjanya adalah bidang pembinaan Rohis dan bakat minat siswa. Ahmad Fadlol, koordinator bidang pembinaan Rohis dan bakat minat siswa menyampaikan program kerja diantaranya akan menggelar Musyawarah Pengurus Rohis SMA/SMK se-Jawa Tengah yang ke-2 dan Musyawarah Guru Pembina Rohis SMA/SMK se-Jawa Tengah yang ke-1. Acara tersebut akan dilaksanakan pada 17 November 2021.

Setelah itu akan berkolaborasi dengan DPW AGPAII Jawa Tengah menyelenggarakan kemah Rohis Rohis SMA/SMK se-Jawa Tengah Virtual ke-3 insyaa Allah akan dilaksanakan pada 21-23 Desember 2021.
“Selain itu juga akan melakukan pembinaan Rohis SMA/SMK secara intensif, dan masih ada program yang lain” tuturnya.

Sementara itu bidang informasi dan teknologi yang diwakili Maulana Choirul Aziz menyampaikan program pelatihan IT untuk guru-guru PAI SMA Jawa Tengah, pembuatan dan optimalisasi media sosial MGMP PAI Jawa Tengah, melalui youtube maupun Instagram.

“Nanti pengurus bisa mengirimkan video da’wah, pembelajaran, motivasi, atau yang lain dan nanti akan unggah di akun MGMP PAI Jawa Tengah.
Harapannya nanti bermanfaat untuk guru PAI SMA maupun peserta didik,” tegasnya.

Setelah selesai pemapaparan masing-masing bidang, Hery Nugroho berharap program-program yang diusulkan semoga dapat menjawab kebutuhan guru PAI, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, media, penilaian pembelajaran, bimbingan, pengembangan keprofesian berkelanjutan, kewirausahaan, dan advokasi. Apalagi yang Menyusun program kerja ini adalah guru-guru PAI SMA terbaik di Jawa Tengah.

Hasil dari praraker ini, menurut wakil sekretaris, Imam Subehi, apabila ada catatan, mohon-masing bidang merevisi, kemudian dikumpulkan lagi di sekretariat. “Setelah itu program kerja masing-masing bidang dikumpulkan menjadi satu sebagai bahan rapat kerja besok hari senin, 15 November 2021 di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.” pungkasnya (dsr)