Penguatan karakter sosial santri melalui kemah pramuka

Kendal – Kementerian Agama Kab. Kendal dalam hal ini Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren sebagai leading sector menggelar acara “Perkemahan Pramuka Santri Nusantara Tingkat Kabupaten Kendal Tahun 2015”. Kegiatan yang mengangusung tema “ Dengan Perkemahan Pramuka Snatri Kita Wujudkan Santri yang kreatif, berbudaya dan berkarakter” ini bertempat di Lapangan LP anak-anak Desa Wonokembang Plantungan Kendal pada hari sabtu – minggu tanggal 11-12 April 2015 .

Dengan kegiatan ini Kementerian Agama ingin menegaskan kepada masyarakat bahwa pesantren tidak hanya memainkan 3 (tiga) fungsi tradisional : Transmisi dan transformasi ilmu-ilmu keislaman, pemeliharaan tradisi islam dan reproduksi intelektual-ulama namun juga menjadi pusat penyuluhan kesehatan, pengembangan teknologi tepat guna, usaha-usaha penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup serta pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Perkemahan ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi bagi para santri dan sebagai media untuk menunjukkan bakat dan kemampuan melalui lomba dan bazar produk karya para santri yang diselenggarakan serta yang paling penting adalah menunjukkan pada masyarakat bahwa pesantren tidak hanya berperan sebagai lembaga untuk tafaqquh fiddin (penguasaan ilmu agama) saja namun juga memiliki peran sosial masyarakat.

“Melalui kegiatan ini para santri diharapkan kelak menjadi manusia yang berkarakter, mampu menerapkan tri satya dan dasa darma pramuka”, ungkap Ketua Panitia Drs. H. Mokhamad Bajuri.

“Oleh karena itu, Kementerian Agama sebagai kepanjangan tangan pemerintah mempunyai kewajiban membina, mendorong dan mengarahkan kader muda utamanya yang ada di pondok pesantren melalui kegiatan Kemah pramuka santri”, lanjutnya.

Kegiatan perkemahan pramuka santri ini menghasilkan Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo sebagai juara yang nantinya akan diberangkatkan ke Perkemahan Santri ditingkat Jawa Tengah mewakili Kabupaten Kendal.