Pengurus Badko LPQ Harus Mempunyai Program yang Kreatif dan Inovatif

Wonogiri – Pengurus Badko LPQ Jawa Tengah, H. Mustofa AY mewakili ketua Badko LPQ sangat berharap dan apresiasi terhadap perkembangan lembaga Al Qur’an dan prestasi santri LPQ di kota gaplek, semoga muncul kader-kader ahli qur’an dari Wonogiri dalam hal prestasi tidak kalah dengan Kabupaten lain.

Hal tersebut di sampaikan dalam acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Quran (BADKO LPQ) Kabupaten Wonogiri Masa jabatan 2021 – 2026 di gedung pertemuan RM. Alami Sayang Ngadirojo, Sabtu siang, (01/05).

H. Mustofa AY menjelaskan tentang perbedaan serta perubahan antara Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dengan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ). Dulu kita menggunakan nama TPQ, namun setelah ada peraturan baru dari Kemenag Pusat, maka kita menyesuaikan perubahan peraturan tersebut dengan berubah menjadi LPQ yang tentunya cakupanya lebih luas hingga bisa membawahi tujuh lembaga diantaranya, TK Alquran, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Pasca TPQ, Ta’limul Qur’an lil ‘Aulad (TQA), Paud Qur’an, Rumah tahfid, dan Pendidikan Qur’an yang lain.

Untuk itu pengurus Badko LPQ Kabupaten Wonogiri harus mempunyai ide kreatif dan inovatif, persiapan matang, pelaksanaan yang profesional, penilaian secara periodik serta perbaikan terus menerus insaallah akan berhasil dan maju.

“Kemauan, Kekompakan, kesungguhan dan keikhlasan merupakan kunci sukses dalam mengelola lembaga, buat program yang kreatif dan inovatif,” pesan H. Mustofa.

Pengurus Badko LPQ Jawa Tengah mengungkapkan LPQ merupakan lembaga pendidikan Islam yang berguna untuk anak-anak agar mampu membaca Al Quran secara baik dan benar, yang sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Untuk itu, ia berharap pembinaan terhadap LPQ bisa lebih maksimal lagi ke depannya.

Disebutkan pengurus badko LPQ mempunyai tugas membina, mendorong dan mengembangkan lembaga-lembaga pendidikan Al qur'an untuk kemudian memajukan LPQ dan pendidik di dalamnya.

Salah satu misi pendidikan dan pengajaran LPQ adalah untuk mencetak dan menyiapkan generasi bangsa yang qur'ani yang kokoh berakidah, taat dan rajin beribadah, berbudi luhur serta cinta tanah air dan NKRI,” ungkapnya.(mursyid/Sua)