Perlancar Pencairan TPG, Kota Semarang Selenggarakan Rakor

Semarang – Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Semarang melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pemberkasan Pencairan Tunjangan Profesi Guru bagi Pengawas dan Guru PAI TK, SD, SLB, SMP, SMA, dan SMK se-Kota Semarang. Kegiatan diikuti oleh GPAI PNS dan NonPNS di aula kantor setempat, Jum’at (05/10).

Kasi PAIS mewakili Kepala Kankemenag Kota Semarang Abdul Ghafur menyampaikan bahwa sosialisasi TPG ini merupakan kegiatan rutin persemester. Kali ini diselenggarakan untuk pencairan TPG bulan Juli – Desember 2018 yaitu semester gasal Tahun Pelajaran 2018/2019.

Disamping bertujuan untuk menyampaikan petunjuk teknis regulasi terbaru juga dimaksudkan untuk mengingatkan kembali berkas yang harus dikumpulkan oleh GPAI penerima TPG agar tepat waktu di dalam pengumpulannya.

“Keterlambatan satu orang guru akan menghambat pencairan guru-guru yang lain. Oleh karena pengajuan proses pencairan ini dilakukan bersama-sama sesuai jenjang pendidikan yang diajar,” terang Ghafur.

Ia meminta para guru dapat bekerjasama dan selalu berkoordinasi dengan seksi PAIS agar proses pencairan tidak mengalami hambatan dan tepat waktu.

“Cepat atau lambatnya pencairan TPG tergantung dari cepat atau lambatnya berkas TPG yang masuk,” ujarnya tegas.

“Jadi jika Bapak dan Ibu menginginkan TPG segera cair maka segera administrasi dilengkapi dan dikumpulkan,” sambung Kasi PAIS.

Batas pengumpulan berkas ditunggu selambatnya tanggal 12 Oktober 2018, sehingga pencairan TPG pada semester ini diharapkan dapat tepat waktu di bulan Oktober.

Sosialisasi dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama di pagi hingga tengah hari diikuti oleh GPAI SMP/SMA/SMK. Sedangkan tahap kedua siang hingga sore hari dihadiri Pengawas PAI TK/SD/SMP/SMA/SMK dan GPAI TK/SD/SLB.

Secara teknis sosialisasi pemberkasan TPG melalui aplikasi Simpatika dipandu oleh Habibil Huda pengelola Simpatika PAIS Kankemenag Kota Semarang. Ditemui seusai acara, Habibil Huda menjelaskan bahwa jumlah GPAI PNS Kemenag sejumlah 55 orang, 305 orang GPAI PNS Dinas Pendidikan Kota Semarang, 44 orang GPAI Inpassing dan GPAI non inpassing sebanyak 119 orang. (hbh-ch/gt)