Persiapan Studi Banding KUB, Peserta Jalani Tes Swab PCR

Semarang –Sebagai persiapan pelaksanaan kegiatan Studi Komparatif Kerukunan Umat Beragama (KUB), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Semarang ke FKUB Kota Surabaya, Jatim dan FKUB Kabupaten Klungkung, Bali, peserta kegiatan melaksanakan pemeriksaan virus SARS Co-2 atau tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR).

Tes swab PCR ini dilakukan pada Selasa (2/11) sebelum keberangkatan ke lokasi studi banding pada 3 – 6 November 2021. Tes PCR dilakukan di ruang Badan Kesbangpol Kota Semarang, Jl. Pemuda No. 175 Semarang.

Pemeriksaan PCR ini terselenggara atas kerja sama Badan Kesbangpol Kota Semarang bekerja dengan Puskesmas setempat. Hadir pada kegiatan ini Kepala Kankemenag Kota Semarang, H. Mukhlis Abdillah, sebagai peserta kegiatan.

Selain Kakankemenag Kota Semarang, peserta lain yang ikut dalam studi komparatif KUB ini adalah Kasi Bimas Islam dan perwakilan penyuluh agama Islam Kankemenag Kota Semarang. “Kami mengikuti tes swab PCR, karena akan melaksanaan tugas studi komparatif KUB ke FKUB Kota Surabaya dan FKUB Kab. Klungkung,” terang Mukhlis.

Keikutsertaan kegiatan ini berdasarkan surat Ketua FKUB Kota Semarang Nomor : 212/FKUB-KS/X/2021 tanggal 27 Oktober 2021 perihal permohonan peserta studi komparatif yang ditujukan kepada Kankemenag Kota Semarang.

Kegiatan studi komparatif KUB ini diikuti oleh 28 orang peserta, terdiri atas Pemkot Semarang yang diwakili Badan Kesbangpol dan Dinas Arsip dan Perpustakaan, Kementerian Agama Kota Semarang, FKUB Kota Semarang dan tokoh agama di lingkungan Kota Semarang.

”Kegiatan studi komparatif KUB ini merupakan salah satu pelaksanaan program kerja FKUB Kota Semarang Tahun 2021. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja tugas dan fungsi FKUB Kota Semarang dalam menjaga KUB di Kota Semarang. Dengan studi komparatif ini kami berharap akan mendapatkan ilmu atau inovasi guna mengembangkan KUB di Kota Semarang,” jelas Syarif Hidayatullah sekretaris FKUB Kota Semarang .

Peserta akan berangkat pada Rabu (3/11) dari Balaikota Semarang menuju Surabaya dengan menggunakan armada bus. Dilanjutkan hari kedua, perjalanan menggunakan pesawat menuju Kabupaten Klungkung Provinsi  Bali. (nova/iq/bd)