Porseni MI merupakan peran dan fungsi madrasah dalam pembangunan Bangsa

Ungaran – Hampir serentak Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Ibtidaiyah (Porseni MI) dilaksanakan di masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Semarang, salah satunya di Kecamatan Jambu, yang dilaksanakan Selasa (28/02). Even ini merupakan agenda tahunan dari Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang, begitu juga di Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Semarang. Adapun pesertanya merupakan semua siswa/ siswi MI baik negeri maupun suwasta yang ada di wilayah Kecamatan Jambu.

Hadir dalam Pekan Olahraga ini, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Drs. H. Muhtadi. MPd ) yang dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan Porseni di Kecamatan jambu, Muhtadi menyampaikan bahwa Porseni di Madrasah merupakan ajang pengembangan bakat dan kreatifitas bagi siswa siswi sesuai bidang masing masing, tentu tidak semua bidang atau bakat bisa disalurkan di ajang ini, karena keterbatasan sarana dan waktu pelaksanaan.

Porseni ditingkat Kecamatan juga merupakan penjaringan para juara yang nantinnya maju di tingkat kabupaten dalam ajang KSM dan AKSIOMA, yang kemudian para juara di tingkat Kabupaten maju lagi ditingkat Propinsi sampai pada tingkat Nasional.

Dipenutup sambutannya Muhtadi menyampaikan “Porseni madrasah merupakan perwujudan eksistensi peran dan fungsi madrasah dalam pembangunan bangsa. Madrasah tidak hanya mendidik anak agar pintar dan cerdas saja, tapi juga menjadi pribadi yang sehat, sportif, melalui olah raga,tetapi juga menjadi pribadi peka terhadap aspek sosial melalui seni,” tegasnya.

Adapun cabang lomba yang dilombakan di Porseni Kecamatan Jambu meliputi Lomba Bidang Olahraga, Lomba Bidang Seni, Lomba bidang Sains dan Lomba bidang Agama.

Hasil dari kegiatan ini, MIN Jambu yang merupakan tuan rumah berhasil meraih juara Umum Porseni Tingkat Kecamatan Jambu Tahun ini. (chz).