Putaran Ke 14 Tarawih Ukhuwah Bupati Batang Tetap Berlangsung Meskipun Dalam Kondisi Rob

Batang _ Meskipun area sekitar lokasi terkena rob, Tarawih Ukhuwah putaran ke 13 yang diselenggarakan oleh Bupati Batang bersama forkopimda, DPRD, OPD terkait dan Kemenag Kabupaten Batang tetap dilaksanakan di Masjid Bahrul Ulum, Kelurahan Karangasem Utara Kecamatan Bantang pada Rabu (05/05). Selain itu yang membedakan dengan putaran sebelumnya adalah Tarawih Ukhuwah kali ini tidak diawali dengan buka puasa bersama rombongan Bupati mengingat adanya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 800/2784/SJ tentang Pelarangan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan dan Kegiatan Open House Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021.

Sebagaimana putaran sebelumnya, Kementerian Agama Kabupaten Batang pada kesempatan itu memberikan bantuan berupa Mushaf Alquran dan perangkat alat sholat yang langsung diserahkan oleh Kepala Kantor, H. M. Aqso, kepada ketua Takmir Masjid Bahrul Ulum.

“ Al quran dan perangkat sholat ini adalah bersumber dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ), semoga apa yang disumbangkan ini dapat bermanfaat bagi jamaah masjid Bahrul Ulum khususnya bagi masyarakat yang biasa berjamaah di masjid ini,” jelas H. M. Aqso.

Sementara itu Bupati Batang H. Wihaji dalam sambutannya menyampaikan tentang progress pembangunan kabupaten Batang, serta kondisi perkembangan covid-19 sampai saat ini .

“ Karena Covid-19 belum selesai, maka saya mengajak pada masyarakat untuk jangan takut dengan Covid-19 akan tetapi tetap dengan sigap dan disiplin dalam melakukan protokol kesehatan, ini adalah upaya paling nyata dalam mencegah penularan covid-19 ini.  Pemerintah Kabupaten Batang tetap memprioritaskan perbaikan infrastruktur secara bertahap, sedangkan persoalan rob perlu pengkajian lebih dalam bersama ahlinya,” terangnya.

Pada kesempatan itu seperti putaran-putaran yang lain, Bupati menyerahkan bantuan hibah untuk Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Kelurahan Kauman, Batang senilai 100 juta. Selain itu Bupati juga menyerahkan bantuan zakat infaq ASN Pemkab yang dihimpun melalui UPZ , berupa bantuan kemakmuran masjid, santunan yatim piatu, santunan penyandang disabilitas, santunan lansia tidak mampu, dan bantuan modal usaha pedagang kecil.

Sebelum acara diakhiri, Bupati Batang bersedia mendengarkan aspirasi dan permintaan warga Karangasem Utara  tentang apa saja yang dibutuhkan oleh warga baik dari segi pembangunan fisik maupun non fisik.

Salah satu warga Khodikin mengharapkan agar jalan penghubung dukuh dilakukan perbaikan menggunakan beton, sehingga bertahan lebih lama.

Kegiatan ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Kyai Khasan Khudori, Ketua MUI Kecamatan Batang. (Hasanudin/Zy)