Rakor Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1438 H

Temanggung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung memastikan persiapan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, di Temanggung sudah matang. Pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk pemantapan persiapan peringatan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, di Pendopo Pengayoman Temanggung, Senin, (12/6). Rakor digelar setiap menghadapi perayaan hari besar keagamaan pada umumnya, termasuk lebaran 2017 ini.

Dalam rakor yang dipimpin Wakil Bupati Temanggung  itu, dihadiri  dari Kodim, Polres, Dinas Perdagangan, perwakilan Ormas, tokoh lintas Agama, FKUB, MUI dan Ormas kepemudaan.  Dalam forum tersebut juga, masing-masing pihak diminta mengemukakan pendapat, ide, rencana dan gagasannya dengan harapan semuanya dapat melaksanakan tugas dan fungsi, tidak bertabrakan satu sama lain.

“Secara umum persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017 telah berjalan matang. Saya minta semua pihak terus menjalin koordinasi intensif, sehingga jika ada perubahan kegiatan dan ada hal-hal yang sekiranya akan mengganggu kelancaran idul fitri nanti dapat dicarikan solusinya dengan cepat,” kata Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi yang memimpin rakor tersebut.

Seperti tahun sebelumnya,  beliau juga memastikan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2017  ini biasanya akan ada kegiatan Takbir Keliling. Kegiatan ini dipastikan  melibatkan banyak komponen masyarakat hingga para remaja masjid. Untuk pengamannya, Takbir keliling nantinya akan mendapatkan pengawalan berbagai pihak terkait, mulai dari Polres Temanggung melalui Satlantasnya, Satpol PP dan juga Dishubkominfo Kabupaten Temanggung. Untuk itu beliau juga menghimbau kepada warga Idul Fitri aman saat pelaksanaan pawai/takbir dilarang pakai mobil terbuka, dilarang menutup jalan umum, waktu pawai dilarang membunyikan mercon. Ini semua dilakukan agar keamanan terkendali, kerukunan agama terjamin, pintanya.

Ketua MUI Kabupaten Temanggung,  KH. Yakub Mubarok juga telah mengkoordinasikan semua agenda, termasuk pelaksanaan pembagian Zakat Fitrah yang dipastikan akan selesai tersalurkan sebelum salat Idul Fitri 1438 Hijriyah.

Ketua FKUB, Faizun, BA mengatakan FKUB Kabupaten Temanggung  kembali memastikan akan melaksanakan pengamanan pada perayaan Lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Rencana pengamanan segenap rangkaian Idul Fitri 1438 Hijriyah tersebut ditandai Apel Siaga, ujarnya.(sr/af)