Seluruh Kloter Jamaah Haji Kabupaten Pemalang Telah Tiba di Tanah Air

Pemalang – Dalam suasana hujan, jamaah haji kelompok terbang (kloter) SOC-56 tahun 2017 Kabupaten Pemalang tiba di Asrama Haji Donohudan pada hari Minggu (24/09) jam 19.45 WIB. Di kloter SOC-56, jamaah Kabupaten Pemalang tergabung dengan jamaah dari Kabupaten Kebumen.

Ketua PPIH Debarkasi Solo, Solikhin berkesempatan menyerahkan jamaah kloter SOC-56 kepada panitia daerah dalam upacara serah terima di gedung Muzdalifah.

“Sudah barang tentu dalam melayani jamaah seperti pelayanan umum, ibadah, kesehatan ada beberapa hal yang tidak sesuai, kami atas nama panitia mohon maaf. Selanjutnya kami berpesan untuk senantiasa menjaga kemabruran haji. Sekuat tenaga Anda telah berusaha untuk meraih kesempurnaan haji, menjadi haji yang mabrur,” pesan Solikhin dalam sambutannya.

Ia menyebutkan, haji yang mabrur dosanya dihapus layaknya bayi yang baru lahir. Ia menyebutkan beberapa cara untuk menjaga kemabruran haji. Yang pertama dengan berbicara yang baik, menyampaikan sesuatu dengan lisan yang baik. Cara berikutnya dengan tebar salam, dimanapun kita berada, bertemu dengan sesama muslim tebarkanlah salam. Yang ketiga adalah senantiasa beramal memberikan sodaqoh amal jariyah. Cara keempat yaitu ber-akhlakul karimah, berbuat yang terpuji dan menjadi contoh di masyarakat.

“Empat ini yang harus senantiasa panjenengan jaga untuk menjaga kemabruran haji,”  jelasnya.

Sebelumnya, pada hari Sabtu (23/09), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman menerima penyerahan jamaah kloter SOC-54 dari PPIH Debarkasi Solo. Dalam sambutannya, Taufik juga mengajak jamaah yang berasal dari Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Batang untuk menjaga kemabruran hajinya.

“Dari sekian juta umat Islam di Indonesia yang tahun ini mendapat kesempatan haji adalah Anda sekalian, mari melestarikan kemabruran haji dengan bermanfaat bagi masyarakat, membangun masyarakatnya masing-masing. Pulang ketemu keluarga dan masyarakat, tidak usah cerita yang tidak baik, ceritakan saja yang baik-baik selama melaksanakan rangkaian ibadah haji,” tutur Taufik.

Dengan demikian seluruh kloter Kabupaten Pemalang yang berjumlah tiga telah tiba di tanah air. Kloter SOC-10 tiba di tanah air pada hari Minggu (10/09). Total jamaah Kabupaten Pemalang yang telah kembali ke tanah air berjumlah 617 jamaah.

Namun demikian, masih ada seorang jamaah yang belum kembali ke tanah air. Jamaah atas nama Mahbub Rohani dari kloter SOC-10 berusia 78 tahun beralamat di desa Sidorejo Kecamatan Comal. Menurut informasi dari petugas TPHI kloter SOC-10, Nur Efendi, Mahbub saat ini sedang dirawat di rumah sakit wilayah Taif Arab Saudi. Belum bisa dipastikan kapan Mahbub bisa pulang ke tanah air. (fi/rf)