Sukseskan Pemilu, Bawaslu Adakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di MAN Wonogiri

Wonogiri – Untuk mensukseskan pemilu 2019 meningkatkan partisipasi pemilih, Badan pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri melakukan sosialisasi  pengawasan partisipatif pada peserta didik MAN 1 Wonogiri, Senin pagi (12/11) di Halaman madrasah setempat, yang di ikuti para guru dan murid setempat.

Kegiatan sosialisasi bertujuan meningkatkan dan membangun sinergi pengawasan partisipatif para pemilih muda atau melenial di Wonogiri. Kerjasama Bawaslu dan MAN 1 Wonogiri dalam bentuk sosialisasi dan deklarasi pemilu SADAR (Santun, Damai dan Demokratis) bersama  civitas MAN Wonogiri.

“Kerjasama ini sangat urgen, karena keberhasilan pemilu adalah berkat partisipasi peran kita semua, kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk pengembangan pengawasan partisipatif dalam menyukseskan pemilu yang berkualitas, aman, damai dan demokratis”, ujar Joko Kiswanto anggota Bawaslu Kabupaten Wonogiri.

Kerjasama dengan MAN Wonogiri menurut, ketua Bawaslu, karena sebagai lembaga lembaga di bawah Kementerian Agama dan memiliki pemilih muda yang sangat potensial untuk menyampaikan pesan kepada keluarga dan masyarakat sekitarmya.

 Sehingga diharapkan dapat bersinergi untuk meningkatkan kesadaran partisipasi pemilihan masyarakat dalam pemilu, memberikan pemahaman terkait peraturan serta menciptakan simpul-simpul pengawasan.

‘’Apalagi secara khusus Kemenag menjadi bagian dari simpul pengawasan Bawaslu dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat menjadi pemilih yang cerdas, sekaligus menengakkan aturan serta mencegah berbagai potensi pelanggaran,”  jelasnya.

Sementara itu Kepala MAN Wonogiri, Wiyana mengatakan sangat mengapresiaasi dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama dengan Bawaslu Kabupaten  Wonogiri sehingga akan meningkatkan program pemerintah akan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pemilu 2019.

“Semoga setelah sosialisasi pengawasan partisipatif dari bawaslu Wonogiri mampu memberikan pemahaman kepada peserta didik dan mampu menekan pelanggaran pemilu serta meningkatkan grafik partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 mendatang  khususnya bagi pemilih milenial/muda di Wonogiri,” jelasnya.(mursyidi/heri/rf)