Tingkatkan Kinerja Panitia Haji

Pati – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) mengadakan rapat koordinasi pembentukan panitia pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji (P3H) tahun 2017 M/1438 H di aula Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Rabu (12/4).

Rapat dihadiri Kepala Kankemenag Kabupaten Pati yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Imam Suhadi, Kasubbag Pendidikan dan Agama Setda Pati Joko Prasetyo, Ketua Forum KBIH Kabupaten Pati Imam Zarkasi dan delapan (8) Ketua KBIH se Kabupaten Pati.

Rapat ini membahas masalah terkait pembentukan panitia secara keseluruhan. Dalam kesempatan ini, rapat yang dibuka langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Imam suhadi yang mewakili Kepala Kankemenag Kabupaten Pati ini mengupas permasalahan dan kendala yang dihadapi tim pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji dengan berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, baik masalah yang terjadi di lapangan maupun secara administrasi.

Imam Suhadi menekankan agar panitia bekerja secara maksimal, karena yang dilayani itu adalah duyu fullah (tamu Allah), kemudian Imam menyampaikan informasi bahwa jamaah haji Kabupaten Pati yang berangkat tahun ini berjumlah 1.670 jamaah, itupun sudah termasuk yang mendapat porsi tambahan terakhir yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Pusat.

Kata Imam, masalah jadwal pemberangkatan untuk calon jamaah haji Kab/Kota belum ada dan kami akan memberikan informasi secepatnya kepada pemerintah Kab/Kota atau yang terkait dan masyarakat.

“Paspor Jamaah, Tas Jamaah, Baju Jamaah dan buku-buku kesehatan sudah terpenuhi semuanya, jadi sudah oke.” pungkas Imam.

Sementara itu, Kasubbag pendidikan dan agama Setda Pati Joko Prasetyo menghimbau kerjasama dan bantuan semua pihak yang terkait acara ini untuk membantu dan mendukung kelancaran acara pemberangkatan calon jamaah haji Kabupaten Pati tahun 2017 ini hingga sampai dengan sehat dan selamat ke Embarkasi Adi Soemarmo Solo di Boyolali untuk kemudian diberangkatkan kembali ke Jedah Arab Saudi.

Lebih jauh Joko berharap semoga pemberangkatan haji tahun ini dapat terlaksana dengan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. (Athi’/bd)