TPQ Terapkan Pembelajaran Kreatif

Purworejo– Guru dalam membantu peserta didik untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dewasa kelak, diharapkan menerapkan pembelajaran kreatif di kelas baik itu guru sekolah formal maupun guru TPQ, demikian disampaikan Tatik Pudjiani pada saat Workshop peningkatan tata kelola TPQ pada kamis (23/2) kepada 40 kepala dan guru TPQ se Kab. Purworejo di Aula kantor Kemenag Kab. Purworejo.

Dalam kesempatan tersebut Tatik menyampaikan perlunya penerapan pembelajaran kreatif di Kelas dalam mengajar di TPQ. Dengan pembelajaran kreatif anak merasa senang, termotivasi dan belajar lebih cepat.

“karena kemauan anak untuk mau belajar Al-Quran makin menurun.” Katanya. malasnya anak – anak untuk belajar mengaji bisa jadi pola yang dipakai oleh para guru belum menarik.

Tatik juga memberi tips mengajar yang kreatif meliputi Penggunaan metode disertai kiat-kiat khusus, memadukan berbagai metode, diberi variasi bermain, bercerita, dan menyanyi, dan menggunakan media yang menarik. Tatik berpessan kepada para guru TPQ, Ketika menghadapi anak didik,  sebagai seorang guru, kita harus sabar, tidak kaku tebuka dapat membaur dengan peserta didik dan mengayomi/ membimbing.

TPQ adalah Lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan non formal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran bacaan, hafalan, dan pemahaman Al Qur’an, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia sekolah dasar dan atau madrasah ibtidaiyah (SD/MI).Batasan usia anak yang mengikuti pendidikan Al Qur’an pada Taman Pendidikan Al Qur’an adalah anak-anak usia 7 – 12 tahun

Standar kompetensi lululusan  santri TPQ diantaranya adalah, Memiliki kemampuan membaca Al Qur’an, Menguasai teori ilmu tajwid, Mampu menghafalkan 28 surah pendek (An Nas-Al A’la), Memiliki kemampuan menghafalkan 27 doa harian, Mampu menghafalkan bacaan shalat fardhu dan shalat sunnah , Mampu mempraktekkan azan dan iqamah, wudhu, dan shalat wajib, Mampu menghafalkan 9 tema ayat pilihan, Memiliki kemampuan menulis arab, Menguasai dasar-dasar Dinul Islam serta aplikasinya  dengan baik dan benar. (nuxon/Af)