TUC menjadikan Siswa MAN Siap menghadapi UN

Purworejo – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purworejo, mulai hari Senin (25/2) menggelar Tes Uji Coba (TUC) Ujian Nasional Berbasis Komputer bagi siswa-siswi kelas XII. Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan persiapan menghadapi USBN, UAMBN dan Ujian Nasional. Kegiatan TUC ini diikuti oleh 327 siswa.

Kepala MAN Purworejo, Khoirul Umam menuturkan bahwa pelaksanaan TUC tersebut sebagaimana diprogramkan oleh MKKS SMA/MA Kabupaten Purworejo bahwa semua sekolah dan madrasah harus  menyelenggarakan TUC berbasis komputer agar siswa semakin terlatih. “Bagi MAN Purworejo tahun ini adalah tahun ketiga kami menggelar UN berbasis komputer. In syaa Allah kita sudah paham hal-hal apa yang perlu dipersiapkan untuk kelancaran pelaksanaan UN,” kata Khoirul Umam dengan penuh optimis. Orang nomor satu di MAN Purworejo itu menyampaikan bahwa TUC dapat menjadi bahan evaluasi sejauh mana kesiapan dan kemampuan siswa dalam menghadapi ujian nasional.

Di tempat yang berbeda, Waka Sarpras Muhammad Arwani menyatakan bahwa semua sarana untuk UN baik komputer dan pendukung lainnya telah siap digunakan. Sementara ketua panitia ujian, Arif Baehaqi berharap TUC kali ini siswa-siswinya dapat tampil all out sehingga hasil TUC dapat digunakan sebagai gambaran nilai mereka pada UN mendatang.

Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti TUC UNBK ini.  Mashud, salah satu siswa kelas XII dari jurusan Ilmu-ilmu Keagamaan mengaku antusias dan berharap dapat mengukur kemampuannya dalam menguasai kompetensi mapel UN. “Dengan adanya TUC semacam ini dapat memberikan gambaran pelaksanaan UN mendatang sehingga kita menjadi lebih siap menghadapinya untuk mendapatkan nilai yang maksimal,” ungkapnya (bsr-sgy/bd).