Ujian Nasional, Alat Ukur Pencapaian Hasil Belajar

Klaten – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018, bertempat di Aula Al Ikhlas Kankemenag Klaten yang dihadiri seluruh Kepala Madrasah MI, MTs, MA negeri dan swasta dilingkungan Kankemenag Klaten, Rabu (17/1).

Kakankemenag Klaten Masmin Afif mengatakan, Ujian Nasional merupakan kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan, Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu alat evaluasi untuk pengukuran capaian hasil belajar kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional.

Di hadapan Kepala Madrasah dan pengawas madrasah, Kakankemenag meminta agar para Kepala Madarasah sungguh-sungguh memiliki perhatian dan komitmen untuk meningkatkan mutu madrasah.

"Kita harus selalu melakukan evaluasi untuk terus mendorong berjalannya sistem pendidikan bermutu di madrasah kita masing-masing agar output madrasah kita benar-benar berkualitas," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, selain harus mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional, salah satu prioritas yang tidak boleh dilalaikan persiapan sarana dan prasarana terkait dengan perangkat kelengkapan ujian terutama bagi madrasah yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) Tahun Pelajaran 2017/2018 ini.

Kepada seluruh Kepala Madrasah Negeri, Pengawas Madrasah  Kasi Pendidikan Madrasah dan seluruh komponen pendidikan yang ada di Kemenag Klaten untuk mensukseskan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 ini, tidak hanya sukses pelaksanaan tapi juga harus sukses prestasi. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya lulusan madrasah melanjutkan pendidikan ke lembaga pendidikan yang favorit dengan segudang prestasi," harap Masmin.

"Kesiapan lembaga penyelenggara UN, pengawas ruang, perangkat dan lainnya harus dipersiapkan mulai dari sekarang agar dalam praktek pelaksanaan nanti dapat terlaksana dengan lancar dan baik tanpa ada hambatan apapun baik secara teknis maupun non teknis," imbuhnya.

Terkait dengan hasil pada Tahun Pelajaran sebelumnya baik Ujian Sekolah, Ujian Nasional maupun UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional), Kakankemenag mengingatkan agar dijadikan bahan kajian dan refleksi semua pihak untuk menjadikan madrasah di Klaten yang sudah baik akan semakin baik dan terus meningkat.

Hal senada disampaikan Kasi Pendidikan Madrasah, Waznan Fauzi, seluruh madrasah agar mempersiapkan sedini mungkin dengan sebaik-baiknya dalam menghadapi UNBK diharapkan semua Madrasah Negeri sudah bisa melaksanakan UNBK dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan.(mu_aj/Wul)