Berita

Halaman Berita

Subadi : Guru Agama Harus Mampu Sampaikan Pesan Tentang Kerukuanan Umat

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri - 10 Januari 2019

* Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Subadi memberikan pembinaan Pada Guru Agama dalam acara pembinaan dan Natal bersama.

Wonogiri –  Kepala Kankemenag Wonogiri, Subadi kembali mengingatkan kepada jajaran guru agama baik Katolik, Kristen, Hindu dan Budha bahwa jabatan guru adalah pekerjaan yang sangat mulia dan istimewa karena bersumber dari jasa seorang guru, profesi guru mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Sebagai tenaga pendidik atau guru lanjut Subadi harus profesional, apalagi seorang guru agama harus memiliki kompetensi, sehingga dapat mencetak generasi yang memiliki pengetahuan dibidang iptek dan imtaq. Selain itu, guru harus kreatif, berkepribadian, dan berjiwa sosial dan peka terhadap perkembangan zaman.

Hal tersebut di tegaskan Kepala Kankemenag Wonogiri dalam acara Pembinaan dan Natal bersama Guru Agama Katolik dan Kristen Kab. Wonogiri,  Rabu (10/01) di RM. Gebyok Ibu Woro Ngadirojo, turut hadir dalam acara tersebut Gara Katolik dan Pengawas Pendidikan Katolik. Dalam pembinaan juga di ikuti guru agama Hindu dan Budha se Wonogiri.

Menurut Subadi, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Guru Agama di lingkungan Kementerian Agama harus menerapkan prinsip 5 nilai budaya kerja, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggungjawab dan keteladanan

“Saat ini guru agama memegang peranan penting dalam membentuk watak dan sikap serta bisa mengembangkan potensi para anak didik utamanyan membumikan kedamaian antar umat beragama. Oleh karena itu, beliau berharap guru pendidikan agama dapat meningkatkan nilai-nilai agama, khususnya budi pekerti dan karakter kepada anak didiknya,” jelas Subadi

Sedangkan  menurut Penyelenggara Katolik Kankemenag Wonogiri, Antonius Sukatno di dampingi Pengawas Pendidikan Agama Katolik Yuliana menyampaikan bahwa Perayaan Natal bersama Guru Agama Kristen dan Katolik selalu terasa istimewa, karena mengangkat esensi pesan damai yang diagungkan, untuk memberikan penyadaran kepada umat, guna memaknai eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), melalui keberagaman yang menyatu dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Yakni dengan menjunjung tinggi toleransi, kebersamaan, persatuan dan kesatuan, dalam dimensi menjaga kemajemukan bangsa, dan dinamika kehidupan bernegara.

Dengan merefleksikan kasih Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, menurut Antonius Sukatno akan memberikan dampak menjadikan terang bagi dunia, dan senantiasa membawa damai sejahtera, serta mampu membangun semangat kebersamaan dan toleransi, para umat pemeluk agama. (H. Mursyid _ H. Heri/Wul)

 


Dibaca sebanyak 40 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Jelang USBN MIN 5 Adakan Istighosah dan Basuh Kaki Ibu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak - 25 Maret 2019

Tasyakuran Tempati Gedung KUA Baru, Kepala Kantor Bagikan Zakat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal - 25 Maret 2019

Dukung TMMD, Baznas Kabupaten Blora Bedah 5 Unit RTLH Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora - 25 Maret 2019

Informasi Penting


BPIH Haji 2019 Administrator - 24 Maret 2019

Informasi Pelaksanaan Seleksi Administrasi PPPK Administrator - 22 Maret 2019


Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial