Ratusan Santri Semarakkan Pospeda Pati 2017

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Ratusan santri hadiri acara pembukaan Pekan Olahraga Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) Kabupaten Pati 2017, di Gor Pesantenan Pati, Rabu (11/10/2017). Kegiatan tersebut merupakan salah satu media bagi pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

Dalam upacara pembukaan tersebut, turut hadir, Kepala Kankemenag Kabupaten Pati, Kasi PDPontren Kankemenag Kabupaten Pati beserta staf, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusumah, Waka Polres Pati Kompol Nyamin, dan OPD Pati.

“Kurang lebih ada sebanyak 400 orang yang terdiri dari panitia, dan seluruh peserta Pospeda dalam pembukaan kali ini,” terang Ketua Panitia Pospeda, Kardi, Rabu (11/10/2017) pagi.

Lanjutnya, ada berbagai cabang olahraga yang bakal meramaikan kegiatan itu, diantaranya olahraga Pencak Silat yang diikuti 81 santri yang digelar di SMAN 3 Pati, Atletik ada sebanyak 91 santri terlibat di Stadion Joyokusumo Pati, Tenis Meja sedikitnya diikuti 24 santri juga di SMAN 3 Pati.

“Lalu ada Bulu Tangkis 32 santri tempatnya sendiri di Gor PB Rahmat, Sepak Takraw sebanyak 5 tim santri akan menyemarakkan laga yang berlangsung di Gor Pesantenan Pati. Kemudian, ada Senam Santri oleh 8 tim santri di Gor Pesantenan Pati,” jelas Kardi.

Ditambahkan, Bola Volly ada sebanyak 10 tim yang memperebutkan gelar jawara di Gor Pesantenan Pati. Sedang, Futsal diikuti sebanyak 22 tim dan dihelat di Gor Rahmat Futsal. Untuk Sepak Bola ada 9 tim yang mengikutinya, tempatnya sendiri di Stadion Joyokusumo.

Sementara itu, Wabup Pati, Saiful Arifin mengatakan, olahraga mempunyai andil yang besar dan merupakan salah satu media bagi pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

Pekan olah raga antar Pondok Pesantren tingkat daerah, terang dia, merupakan ajang pembinaan para santri yang tergabung dalam pondok pesantren, untuk menggali potensi para santri di bidang olah raga dan seni.

“Nilai yang terkandung dalam pekan olahraga antar pondok pesantren daerah ada empat tujuan penting. Yakni, ikut membangun sumberdaya manusia Indonesia yang beriman, bertakwa, sehat jasmani dan rohani,” terangnya. (Wr/Athi’/BD)